Saturday, May 14, 2011

Tuhan Memenuhi Keperluan Kita

Pembacaan Alkitab: Keluaran 37-38

Dari pasal-pasal sebelumnya, kita tahu bahwa Tuhan memberkati Israel dengan limpah sehingga banyak dari mereka masih dapat memberi persembahan untuk pembangunan Kemah Suci Tuhan walaupun sudah lebih dari cukup. Sekarang Tuhan memberitahukan kepada kita berapa banyak emas, perak dan sebagainya yang dipakai untuk pembangunan Kemah Suci Tuhan dan dari sini kita dapat lihat betapa luar biasa Tuhan memberkati bangsa Israel yang tadinya berada dalam perbudakan selama 400 tahun.

Inilah daftar biaya untuk mendirikan Kemah Suci:
- Emas -- 29 talenta + 730 syikal = kira-kira 1003 kg
- Perak -- 100 talenta + 1775 syikal = kira-kira 3450 kg
- Tembaga - 70 talenta + 2400 syikal = kira-kira 2428 kg

Bila kita lihat harga emas, perak dan tembaga hari ini, emas itu kira-kira 45.58 juta dolar Australia atau kira-kira 410 milyar rupiah. Peraknya kira-kira 3.7 juta dolar Australia atau kira-kira 33.38 milyar rupiah. Bukankah ini hal yang luar biasa? Berkat yang Tuhan berikan, tetapi juga dari sini kita dapat lihat kembali standar Tuhan yang tinggi untuk pembangunan Kemah Suci. Dan yang di atas hanyalah emas, perak dan tembaga,m belum lagi kain ungu tua, kain ungu muda dan sebagainya. Mungkin pembangunan Kemah Suci dapat mencapai hampir kira-kira 55.5 juta dolar Australia atau kira-kira 500 milya rupiah.

Dari semua ini, kita dapat melihat bagaimana Tuhan memelihara umat-Nya, bagaimana Tuhan telah mempersiapkan segalanya dan membuat Israel yang tadinya budak menjadi begitu kaya. Tentunya Tuhan kita dari dulu sampai sekarang tetap sama. Jadi tidak ada yang perlu kita khawatirkan dalam hidup kita. Tuhan menyediakan semua biaya untuk pembangunan Kemah Suci dan Tuhan jugalah yang akan menyediakan segala hal untuk rencana dan visi yang telah diberikan-Nya kepada kita secara priibadi dan juga kepada gereja-gereja-Nya.

Maka dari itu, bila kita berada di dalam kesulitan, marilah kita justru makin percaya dan makin bersandar kepada Tuhan, sebab Tuhanlah yang empunya segalanya dan yang menyediakan segalanya yang diperlukan. Tetapi ingat, Tuhan sediakan yang diperlukan bukan yang kita inginkan, sebab keduanya berbeda. Yang kita perlukan itu penting, sedangkan yang kita inginkan belum tentu penting dan belum tentu berguna bagi kerajaan Allah dan juga biasanya tidak diperlukan. Jadi, berserahlah kepada Tuhan akan segala keperluan kita, percayalah dan marilah kita berjalan setiap hari dengan iman, bertindak dengan iman bahwa Tuhan yang akan memenuhi segala keperluan kita.

No comments:

Post a Comment