Wednesday, May 11, 2011

Kerajaan Surga

Pembacaan Alkitab: Matius 22

Tuhan Yesus memberikan perumpamaan akan kerajaan Sorga. Ada orang-orang yang memang awalnya diundang ke pesta, tetapi mereka semua tidak ada yang datang dan masing-masin sibuk dengan urusannya sendiri. Lalu diundang juga orang banyak dari yang jahat dan yang baik, tetapi ada yang datang tanpa berpakaian pesta dan ia dilemparkan ke dalam kegelapan yang paling gelap.

Perumpamaan yang Tuhan berikan berbicara tentang umat Israel dan kita. Israel adalah bangsa yang dipilih Tuhan sebagai yang pertama, tetapi mereka menolak Yesus. Lalu Tuhan melanjutkan rencana-Nya untuk menyelamatkan dunia dan membuka jalan kepada Tuhan melalui pengorbanan Yesus di kayu salib dan mengundang semua orang untuk masuk ke dalam kerajaan Surga. Tetapi ada juga orang yang masuk ke pesta dengan tidak memakai pakaian pesta. Orang ini melambangkan ketidak-siapan kita dalam menyambut kerajaan Surga. Orang yang dicampakkan ke dalam kegelapan ini tidak mengenakan pakaian pesta yang layak untuk sebuah pesta. Begitu juga dengan kita, bila kita ingin masuk ke dalam kerajaan Surga, kita perlu untuk mengenakan tubuh baru kita yang Tuhan berikan. Kita perlu untuk meninggalkan segala yang lama dan kotor dari hidup kita. Kita perlu untuk mengenakan tubuh baru di dalam Kristus. Hal ini berarti bahwa kita perlu untuk membuang segala kebiasaan buruk kita yang membawa kita dalam dosa, segala dosa-dosa kita, dan segala berhala kita. Biarlah hidup kita dipenuhi dengan Firman Tuhan, iman, kebenaran dan Roh Kudus. Dengan begitu, kita akan siap untuk masuk ke dalam kerajaan Surga.

Marilah kita terus fokus kepada Tuhan, terus memilih setiap hari untuk membuang yang lama dan hidupi hidup baru dalam Kristus. Janganlah kita seperti Israel yang sibuk dengan kesibukan masing-masing, tetapi biarlah kita taruh Tuhan sebagai prioritas utama di dalam hidup kita. Biarlah kita menjadi orang yang dipanggil dan yang dipilih.

No comments:

Post a Comment