Saturday, May 28, 2011

Tuhan Guru Kita

Pembacaan Alkitab: Imamat 13

Tuhan tidak hanya mengajarkan Israel akan hal-hal korban persembahan, tetapi Tuhan juga mengajarkan akan bagaimana seorang imam dapat memeriksa sakit penyakit. Bangsa Israel tadinya adalah budak dan tidak ada dari mereka yang adalah dokter atau mengerti soal sakit penyakit. Tetapi Tuhan mengajarkan kepada mereka bagaimana mereka dapat memeriksa orang yang terkena sakit. Yang di sebut oleh Tuhan di sini adalah sakit yang menular, yaitu, kusta, kudis dan kurap.

Sungguh luar biasanya Tuhan kita. Walaupun tidak ada yang mengajarkan, tidak ada yang pernah belajar atau terpikir akan hal itu, Tuhan telah menyediakannya dan Tuhan sendiri yang mengajarkan Israel akan bagaimana mereka dapat mengetahui jika seseorang memiliki penyakit kulit yang menular. Tentunya Tuhan kita tidak berubah dan Ia mengenal segala sesuatu dan Ia dapat mengajarkan kepada kita hal-hal yang kita tidak mengerti atau tidak tahu. Bila Tuhan meminta kita untuk lakukan suatu hal yang kita tidak pernah lakukan atau tidak tahu bagaimana caranya, Tuhan sendirilah yang akan mengajarkan kepada kita dan membeirkan kita hikmat dan pengetahuan akan hal yang perlu kita lakukan itu. Atau, bila kita sedang mengalami kesulitan di dalam mencari solusi dalam bisnis, belajar ataupun di dalam pekerjaan kita, bila kita berdoa dan meminta kepada Tuhan akan hikmat dan pengajaran-Nya, maka Tuhan sanggup memberikan hikmat dan pengajaran itu kepada kita. Misalnya, bila dalam pekerjaan kita mengalami suatu jalan buntu dalam suatu kasus. Bila kita berdoa dan meminta hikmat, setelah kita kembali untuk mengerjakan kasus itu, Tuhan dapat membukakan mata kita dan memberikan hikmat sehingga kita mendapatkan solusinya. Sebab Tuhan berkata di dalam Yakobus 1:5 bahwa bila ada dari kita yang kekurangan hikmat, mintalah maka Tuhan akan memberikan kepada kita.

Melalui apa yang Tuhan ajarkan kepada bangsa Israel tentang sakit penyakit kulit ini, kita tahu bahwa Tuhan tidak hanya mengajarkan dan memiliki hikmat akan hal-hal yang rohani saja. Tetapi Tuhan kita itu benar-benar Maha Tahu dan Ia dapat mengajarkan kepada kita akan segala macam hal, baik itu bisnis, tentang ilmu pengetahuan alam, hal-hal yang bersangkutan akan biologi, kimia, fisika, ekonomi dan segalanya. Jadi, marilah kita bersandar kepada Tuhan yang mengenal dan tahu akan segala hal. Dia bukan hanya Tuhan, tetapi Ia juga adalah Guru dan Penasihat. Jadi, Ia dapat mengajarkan dan membeirkan kita hikmat bila kita memintanya. Maka dari itu, marilah kita mulai ikut-sertakan Tuhan di dalam kehidupan kita, bukan hanya di dalam gereja dan pelayanan, tetapi juga di dalam pekerjaan, bisnis, rumah tangga dan sekolah kita, sebab Dialah Guru kita.

No comments:

Post a Comment