Friday, May 13, 2011

Dari Tuhan, Untuk Tuhan & Bagi Tuhan

Pembacaan Alkitab: Keluaran 36

Mengingat kejadian sebelum Israel keluar dari Mesir, Tuhan memberkati  orang Israel dengan membuat orang Mesir dengan rela memberika harta mereka kepada orang Israel. Dan Harta-harta inilah yang akan dipakai untuk membangun kemah Tuhan. Walaupun demikian, harta itu adalah pemberian Tuhan kepada masing masing dari orang Israel. Jadi dapat di anggap sama dengan berkat yang Tuhan berikan kepada tiap-tiap orang. Dan sekarang, saat Kemah Suci Tuhan ingin dibangun, tentunya bahan-bahan seperti emas, perak, tembaga, kain ungu tua, kain ungu muda dan sebagainya perlu datang dari bangsa Israel masing-masing. Dan bangsa Israel taat kepada Tuhan dan teru memberikan bahjan persembahan sukarela sampai-sampai berlebihan dan berlimpah banyak.

Hal yang sama berlaku dalam gereja Tuhan. Tuhan memberkati setiap dari umat-Nya sesuai dengan ukuran masing-masing. Dan berkat itu bukanlah hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk menjadi berkat bagi orang lain dan juga untuk membangun kerajaan Allah, membangun gereja. Bukan hanya harta materi, tetapi juga keahlian dan talenta Tuhan berikan untuk membangun gereja. Sebab bila tidak, darimanakah gereja dapat memiliki dana dan tenaga yang cukup? Tentunay Tuhan dapat menurunkan emas dari langit bila perlu, tetapi hal itu tidak akan mengajarkan kita apa-apa, kita tidak akan belajar bahwa segalanya milik Tuhan, ataupun belajar untuk memberi, ataupun belajar untuk tidak terikat akan harta di dunia ini.

Oleh karena itu, marilah kita periksa hati dan kehidupan kita. Apakah kita memiliki hati yang penuh dengan sukarela untuk memberi bagi kerajaan Allah, seperti Israel? Apakah kita mengerti bahwa apa yang Tuhan berikan kepada kita bukanlah untuk diri kita sendiri saja, tetapi juga untuk hal-hal kerajaan Allah? Apakah kita masih terus memegang harta itu dan tidak mau melepaskannya, yakni apakah kita terikat oleh harta duniawi? Biarlah kita ingat bahwa segalanya dari Tuhan, untuk Tuhan, bagi Tuhan. Ia yang memberikan dapat juga mengambil balik. Tetapi, biarlah kita periksa hidup kita dan bertobat bila kita masih terikat akan harta di dunia. Biarlah kita pakai berkat yang Tuhan berikan, materi maupun rohani, untuk menjadi berkat bagi orang lain dan kerajaan Allah.

No comments:

Post a Comment