Friday, May 6, 2011

Semua Ada Maksudnya

Pembacaan Alkitab: Keluaran 27-28

Tuhan bukan hanya memberikan Musa rancangan untuk kemah-kemah dan tabut perjanjian, tetapi Tuhan juga berikan rancangan dan petunjuk untuk membuat baju kudus untuk para imam. Mengenai baju untuk imam yang khusus dan kudus sehingga para imam dapat datang kepada Tuhan, Tuhan sangat spesifik dan setiap bagian dari baju itu ada artinya dan bukan sekedar biar kelihatan bagus atau indah. Dan Tuhan juga yang menyediakan orang-orang yang dipenuhi dengan keahlian untuk membuat bagian-bagian dari baju itu.

Begitu juga di dalam kehidupan kita ini. Tidak ada hal yang kita miliki atau yang kita alami itu sia-sia. Semuanya itu ada maksudnya dan seringkali untuk menjadi peringatan bagi kita bahwa Tuhanlah Allah, atau mengingatkan kita bahwa kita perlu untuk mencari Tuhan dan sebagainya. Jadi, tidak ada yang namanya kebetulan, tetapi semuanya itu telah diatur oleh Tuhan atau diijinkan-Nya terjadi.
Seperti Tuhan juga memberikan keahlian kepada orang-orang untuk dapat membuat bagian-bagian dari baju kudus ini, begitu juga Tuhan memberikan kepada setiap dari kita keahlian kita masing-masing untuk tujuan tertentu. Dan semuanya itu berguna bagi kerajaan Allah. Oleh sebab itu, marilah kita pakai keahlian kita untuk memuliakan Tuhan.

Jadi, biarlah kita ketahui bahwa segala sesuatu yang kita miliki, alami bukan kebetulan, tetapi dirancang dan diijinkan oleh Tuhan terjadi untuk sebuah maksud. Apa maksud dibalik semua itu? Kita sendir yang perlu untuk mencari Tuhan dan meminta pewahyuan dari Tuhan akan arti dan maksud Tuhan dari semua hal yang terjadi. Bila kita tidak mengerti atau belummengerti, janganlah ktia putus asa bertanya atau menjadi benci kepada Tuhan, tetapi biarlah kita mengerti bahwa waktu Tuhanpun berbeda dengan waktu kita, bila saatnya tepat Tuhan akan memberitahukannya pada kita bila kita mencari. Jadi, mari kita hidupi hidup ini untuk Tuhan dan bukan sembarangan saja.

No comments:

Post a Comment