Friday, May 20, 2011

Tanggung Jawab Masing-Masing

Pembacaan Alkitab: Imamat 4-5

Jika kita perhatikan akan korban penghapus dosa yang Israel harus persembahkan jika mereka melanggar perintah Allah secara tidak sengajar, tiap-tiap orang ada tanggungannya masing-masing. Mereka yang berposisi lebih tinggi, yang dipercayakan oleh Tuhan dengan tanggung jawab yang lebih banyak, perlu untuk membpersembahkan korban yang lebih besar/mahal. Tuhan kita juga Tuhan yang adil, setiap orang yang bersalah ia menanggung kesalahannya sendiri dan ada harga yang harus di bayar untuk menebus kesalahannya itu dan untuk berdamai. Jika ada yang tidak sanggup membayar yang seharusnya, Tuhan memberikan pilihan-pilihan yang lebih cocok untuk keadaan orang yang bersalah itu. Sungguh, dari semua ini, kita dapat melihat bahwa setiap orang memiliki tanggungannya masing-masing dan dengan bayaran yang setimpal bila melanggar.

Begitu juga dengan kita. Setiap dari kita memiliki tanggungan kita masing-masing di dalam Tuhan. Setiap dari kita memiliki panggilan yang khusus dari Tuhan dan Tuhan memiliki rencana yang spesifik bagi setiap dari kita. Dan setiap dari kitapun memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Ada yang dipercayakan oleh Tuhan dengan tanggung jawab yang lebih besar, ada yang lebih kecil, tetapi tidak berarti bahwa ada yang lebih besar dan lebih kecil di antara kita. Kita semua tetap sama di hadapan Tuhan, tidak ada yang leibh kecil, tidak ada yang lebih besar, tetapi masing-masin memiliki kesanggupan yang berbeda dan Tuhan mengenal dan tahu akan kesanggupan kita dan mempercayakan kepada kita tanggungan yang sanggup kita lakukan di dalam Dia.

Oleh sebab itu, janganlah kita iri akan saudara-saudari kita yang memiliki tanggung jawab yang lebih besar atau yang lebih kecil. Tetapi biarlah kita melihat kepada Tuhan dan mengenal bahwa yang Tuhan percayakan kepada kita adalah yang terbaik dan yang sanggup kita lakukan. Serupa dengan perumpamaan talenta yang Tuhan Yesus berikan, ada yang dipercayakan dengan 1 talenta, 2 talenta dan 5 talenta. Masing-masing diberikan sesuai dengan kemampuan masing-masing, tetapi sisanya tergantung kepada kita, apakah kita ingin mengembangkan dan memakai talenta itu untuk memenuhi apa yang Tuhan telah rencanakan atau kita hanya akan menyimpannya saja?

Jadi, biarlah kita kembali kepada Tuhan dan meminta pimpinan Tuhan agar kita dapat melihat rencana-Nya dan agar kita dapat menyelesaikan tanggungan yang Tuhan percayakan kepada kita. Biarlah kita juga tidak iri melihat tanggungan orang lain, tetapi marilah kita fokus kepada panggilan yang Tuhan telah berikan kepada setiap dari kita.

IFGF Melbourne Church

No comments:

Post a Comment