Monday, May 30, 2011

Kesehatan & Kebersihan Tubuh

Pembacaan Alkitab: Imamat 15

Di dalam pasal ini Tuhan berbicara tentang kebersihan tubuh dari lelaki dan wanita. Baik itu lelehan atau mani dari lelaki atau lelehan wanita, semua itu membuat tubuh kita kotor dan tidak kudus. Terlebih lagi, bila kita lihat dari sisi kesehatan, tentunya hal-hal itu tidak higenis, tidak bersih. Sekali lagi, Tuhan menunjukkan keperdulian-Nya terhadap umat-Nya, bukan hanya sisi rohani tetapi juga sisi jasmani dan secara fisik. Tetapi tentunya juga Tuhan ingin agar umat-Nya tetap kudus dan menjaga kekudusannya, oleh karena itu Ia memberikan peraturan-peraturan ini yang tidak terpikirkan oleh manusia.

Bila kita lihat lebih dalam lagi, lelehan yang keluar dari lelaki itu berbeda dengan mani. Lelehan yang dimaksud di sini seperti nanah atau lelehan lainnya yang disebabkan oleh infeksi atau suatu penyakit dan ini tentunya tidak bersih dan membuat lelaki itu tidak kudus secara fisik. Sedangkan bila berbicara soal mani, seorang lelaki biasanya tertumpah maninya karena adanya hawa nafsu seksual. Dan hal ini tentunya adalah dosa, sebab Tuhan Yesus berkata bahwa jika kita melihat seseorang dan mengingininya kita sudah berdosa, terlebih lagi bila kita berlanjut ke dalam fantasi atau masturbasi. Tentang lelehan wanita, hal ini adalah saat-saat menstruasi wanita dan itu yang membuat mereka tidak kudus secara tubuh, sebab menstruasi adalah pembuangan akan yang lama.

Mengetahui semua ini, dengan pasti kita tahu bahwa Tuhan perduli akan kesehatan dan kebersihan kita sama seperti Ia perduli akan kekudusan kita. Tentunya kita juga perlu belajar untuk tidak mengikuti hawa nafsu yang dapat membawa kita kepada dosa. Tetapi biarlah kita berfokus kepada Tuhan dan jaga kesehatan seperti kita jaga kekudusan kita dan juga jagalah kekudusan kita seperti kita menjaga kesehatan kita.

No comments:

Post a Comment