Tuesday, May 24, 2011

Pertobatan Setiap Hari

Pembacaan Alkitab: Imamat 8-9

Israel melakukan apa yang diperintahkan Tuhan mengenai pentahbisan Kemah Pertemuan dan para imam beserta dengan persembahan-persembahan untuk pendamaian, korban penghapus dosa dan korban keselamatan. Dan setelah semua ini dilakukan, maka kemuliaan Tuhan turun dan memenuhi Kemah Pertemuan itu. Sekali lagi, kita melihat bahwa Israel perlu untuk mempersembahkan korban untuk mereka dapat ditahbiskan, disucikan dan dihapuskan dosanya, sehingga kemuliaan Tuhan datang di tengah-tengah mereka. Bayangkan jika kita juga perlu lakukan hal yang sama setiap kita pergi ke gereja. Tentunya, kita tidak lagi perlu melakukan hal-hal seperti itu, sebab Tuhan Yesus sendiri yang telah mati untuk menjadi korban penghapus dosa dan korban keselamatan kita. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa maksud dari Tuhan meminta Israel lakukan semua ini tidak lagi perlu kita perhatikan. Justru maknanya dan maksud dari persembahan-persembahan inilah yang perlu kita pelajari.

Seperti yang kita ketahui, Tuhan kita adalah Tuhan yang kudus. Maka dari itu untuk kita dapat menghadap kepada-Nya, kita juga perlu untuk kudus. Memang benar bahwa darah Yesus yang tercurah bagi kita telah menghapus segala dosa-dosa kita dan itu menyelubungi kita sehingga kita menjadi kudus. Istilahnya seperti kita telah dibasuh dengan bersih dan diberikan pakaian yang putih dan cemerlang. Tetapi ketika kita berdosa lagi, itu sama saja dengan kita pergi main lumpur dan membuat baju yang Tuhan kenakan itu menjadi kotor dan tidak lagi putih. Hidup kita tidak lagi kudus di hadapan Tuhan ketika kita berdosa. Dan jika kita penuh dengan dosa, maka kita tidak akan dapat melihat kemuliaan Tuhan di dalam kehidupan kita.

Tetapi bagaimana hal ini mungkin? Kita sebagai manusia masih hidup di dalam dunia yang penuh dengan dosa dan kita masih ada hawa nafsu, hasrat dan pasti melakukan dosa, baik itu hal yang kecil atau hal yang besar, sengaja atau tidak sengaja. Jawaban dari hal ini adalah pertobatan setiap hari. Jika kita berbuat dosa, maka Roh Kudus akan menegur kita dan pasti kita akan merasa bersalah. Yang kita perlu lakukan adalah dengan segera bertobat, sehingga kita kembali hidup kudus di hadapan Tuhan. Tetapi bila ktia menunda-nunda, lama kelamaan, kita akan tidak merasa bersalah jika kita berbuat dosa dan kita tidak lagi berjalan di dalam kebenaran Tuhan. Jadi sangatlah penting untuk kita hidup dalam pertobatan setiap hari.

Jadi, bila kita ingin melihat kemuliaan Tuhan hadir dan bekerja di dalam kehidupan kita, marilah kita hidup kudus dan benar di hadapan Tuhan. Biarlah kita hidup menurut Firman Tuhan dan biarlah kita ada pertobatan setiap harinya.

No comments:

Post a Comment