Thursday, May 5, 2011

Berkat Dari Tuhan

Pembacaan Alkitab: Keluaran 26

Jika kita perhatikan, banyak sekali barang dan harta yang Israel perlu pakai untuk membuat kemah-kemah suci dan tabut perjanjian Allah dan sebagainya. Dari emas, perak, tembaga, kain ungu tua, kain ungun muda, kain kirmizi dan sebagainya. Mari kita renungkan sejenak, darimanakah Israel mendapatkan semuanya ini, padahal mereka hidup sebagai budak di Mesir? Jika kita ingat, Tuhan meminta mereka untuk pergi ke tetangga-tetangga mereka yang adalah orang Mesir untuk meminta barang-barang milik mereka dan Tuhanpun membuat orang Mesir memberikannya dengan rela agar Israel dapat pergi.

Dari kejadian itu kita dapat lihat bahwa Tuhan sudah merencanakan segalanya sebelum semua itu terjadi. Tuhan tahu apa yang Ia inginkan dari harta-harta itu. Tuhan memerintahkan Israel untuk meminta harta-harta itu karena suatu tujuan. Dan awalnya Israel tidak tahu dan mungkin berpikir bahwa itu akan menjadi milik mereka pribadi masing-masing, Hal yang sama terjadi dalam kehidupan kita. Seringkali Tuhan mempercayakan kita suatu kekayaan atau suatu berkat dan kita mungkin berpikir bahwa itu untuk diri kita sendiri, tetapi Tuhan memiliki rencana di balik semuanya itu. Yang perlu kita lakukan adalah terus mengikuti Tuhan, tidak pakai kekayaan dan berkat yang Tuhan berikan dengan sembarangan dan jika waktunya tiba untuk dipakai bagi rencana Tuhan, maka kita perlu untuk melepaskannya.

Jadi, Tuhan memberkati kita bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi untuk menjadi berkat bagi orang lain atau untuk memuliakan Tuhan. Apa yang kita miliki, semuanya datang dari Tuhan dan adalah milik Tuhan. Biarlah kita cari kehendak Tuhan akan kekayaan dan berkat yang Tuhan berikan, agar kita tidak menyalah-gunakan berkat Tuhan, tetapi biarlah itu memuliakan Tuhan.

No comments:

Post a Comment