Tuesday, May 17, 2011

Pimpinan Tuhan

Pembacaan Alkitab: Keluaran 40

Pada Perjanjian Lama, setelah Kemah Suci didirikan, Tuhan hadir di dalam Kemah Suci itu. Kemuliaan Tuhan memenuhi Kemah Suci itu. Dan kita dapat lihat bahwa bangsa Israel mengikuti Tuhan ke manapun Tuhan pergi. Jika awan kemuliaan Tuhan berhenti, maka mereka berhenti dan mendirikan Kemah SUci itu bagi Tuhan, dan bila awan kemuliaan Tuhan terangkat dari Kemah Suci itu, maka berjalanlah bangsa Israel mengikutinya. Pada malam hari, kemuliaan Tuhan ada apinya sehingga Israel dapat tetap melihat.

Tidakkah kita ingin dipimpin oleh Tuhan seperti itu dalam kehidupan kita setiap harinya? Kuncinya di sini adalah untuk melihat kepada Tuhan, mencari Tuhan setiap hari. Sama seperti Israel yang selalu memperhatikan awan atau api kemuliaan Tuhan, begitu juga kita seharusnya selalu fokus kepada Tuhan dan mencari-Nya setiap hari. Jadi seperti Israel juga tahu kapan awan atau api kemuliaan Tuhan itu berjalan, begitu juga kita tahu apa yang Tuhan kehendaki. Tentunya hal ini semua berdasarkan akan iman, sebab segala sesuatu itu berdasarkan dengan iman. Jika kita percaya dan beriman bahwa Tuhan akan memimpin kita dan akan memberikan kepada kita jawaban atau arah jalan yang jelas, maka Tuhan akan memimpin kita. Tetapi tentunya cara dan waktu-Nya tidak selalu sama dengan apa yang kita minta atau inginkan. Sama seperti Israel yang tidak tahu kapan Tuhan mau bergerak, begitu juga kita tidak tahu kapan waktunya Tuhan. Kita hanya dapat menunggu dengan setia sambil terus beriman, bersekutu hingga waktunya tiba untuk kita melangkah dengan-Nya

Jadi, biarlah kita beriman bahwa Tuhan sanggup memimpin kita seperti di jaman Perjanjian Lama, yang di mana kita dapat tahu dengan jelas kapan dan ke mana Tuhan memimpin kita. Sebab Firman Tuhan yang berkata bahwa barangsiapa mengetuk maka pintu dibukakan, barangsiapa meminta maka akan diberikan dan barangsiapa mencari akan mendapatkan (Matius 7:7-8). Oleh sebab itu, bila kita percaya dan beriman dengan penuh bahwa kita akan dipimpin oleh Tuhan dan menyerahkan kehidupan kita selurhnya kepada Tuhan, maka kita akan melihat pimpinan Tuhan di dalam kehidupan kita seperti yang Israel alami, atau bahkan lebih. Kuncinya adalah menyerahkan seluruh kontrol kehidupan kita kepada Tuhan, fokus pada Tuhan, mencari Tuhan setiap saat, percaya dan beriman dengan penuh kepada Tuhan. Maka kita akan melihat kemuliaan Tuhan turun memimpin kita.

No comments:

Post a Comment