Sunday, January 1, 2012

Kuasa Doa & Puasa | Power Of Prayer & Fasting

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Tawarikh 19-20

Ketika raja Yosafat mengalami dilema dan masalah karena ia diserang oleh bani Moab dan Amon, ia tidak lari mencari kekuatan manusia, tetapi ia mencari Tuhan. Dan ia tidak hanya sendirian mencari Tuhan, tetapi ia mengajak seluruh Yehuda sama-sama berpuasa dan berdoa mencari Tuhan di masa sulit ini. Dan dari kejadian ini kita dapat lihat akan kuasa dari doa dan puasa secara bersama-sama.

Karena seluruh bangsa Yehuda sama-sama berdoa dan puasa mencari Tuhan, Tuhan menjawab mereka dengan memberikan kemenangan yang dashyat di mana mereka tidak perlu berperang dan hanya menaikkan pujian bagi Tuhan. Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari saat seluruh bangsa Yehuda berdoa dan puasa mencari Tuhan. Mereka bersatu dalam hati, jiwa dan roh untuk mencari Tuhan dan pertama-tama memuji dan membesarkan Tuhan, mendeklarasikan janji Tuhan, lalu mereka mengaku akan kelemahan dan ketidak-bsanggupan mereka, lalu meminta pertolongan Tuhan. Dan pada akhirnya Tuhan menjawab dengan dashyat.

Marilah kita juga belajar seperti Yehuda dalam berdoa dan puasa bersama atau secara individu. Marilah kita satukan hati kita dalam satu roh dan mulai dengan memuji dan menyembah Tuhan, lalu mendeklarasikan janji dan Firman Tuhan di hidup kita, lalu merendahkan hati dan mengaku kelemahan dan ketidak-mampuan kita dan barulah kita meminta turut campur Tuhan di hidup kita. Dengan begitu kita benar-benar mencari Tuhan dan merendahkan diri kita di hadapan Tuhan. Dan hasilnya akan dapat kita alami bila kita dengan sungguh-sungguh berdoa, berpuasa dan mencari Tuhan. Berdoa dan puasa itu besar kuasanya. Marilah kita lakukan dengan sungguh-sungguh.

English:

Bible Reading: 2Chronicles 19-20

When king Jehoshaphat faced a dillema and a problem when the Moabites and the Amonites attacked him, he did not run to seek the strength of men, but he sought the Lord. And he wasn't alone, but he asked the whole Judah to pray and fast together with him to seek the Lord in this difficult time. And from this we can see the power of corporate prayer and fasting.

Because the whole Judah prayed and fasted together to seek the Lord, the Lord answered them by giving them an amazing victory where they did not have to battle but only sing praises to the Lord. There are a few things which we can learn when the whole Judah pray and fasted to seek the Lord. They united in one heart, soul and spirit in seeking the Lord and firstly they praised and glorified the Lord, declaring the promise of God, then they admit and confessed their weaknesses and inability and then they asked for the Lord's help. And in the end, the Lord answered with power.

Let us also learn to be like Judah in praying and fasting whether individually or together. Let us unite our hearts in one spirit and start with praising and worshiping the Lord, then declare the promise and the Word of God in our lives, then humble ourselves and admit/confess our weaknesses and inability and then we ask for the Lord's hand to intervene in our lives. That way, we really are seeking the Lord and humbling ourselves before the Lord. And the result will be able to be experienced if we really pray and fasted to seek the Lord. Praying and fasting is powerful. Let us do it with a steadfast heart.

Blessings,

Maruli Saputra

No comments:

Post a Comment