Wednesday, January 18, 2012

Turut Campur Tuhan | God's Involvement

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ezra 6-8

Kita dapat melihat bagaimana raja Darius dan raja Artahsasta sangat mendukung pembangunan rumah Tuhan dan juga dalam memenuhi segala perintah dan hukum Allah yang ada tertulis di dalam Taurat Tuhan. Mereka bukan hanya mendukung secara memberikan kebebasan, tetapi mereka justru memberikan perintah agar semua itu dilaksanakan dan agar apapun yang dibutuhkan dalam memenuhi hukum Taurat itu diberikan, baik tiu emas, perak ataupun segala macam ternak untuk korban persembahan. Sungguh bila bukan pekerjaan tangan Tuhan dan Tuhan yang menggerakkan hati raja Darius dan Artahsasta, maka semua ini tidak akan terjadi.

Melalui kejadian ini, kita dapat melihat bahwa bila Tuhan sedang bekerja untuk memenuhi janji-Nya, tidak ada yang dapat menghalanginya. Tuhan akan menggerakan hati orang-orang agar rencana Tuhan terlaksana. Bila bukan dari raja yang satu, maka dari raja selanjutnya. Hal ini juga menunjukkan kepada kita kebesaran Tuhan yang tidak dapat dipungkiri manusia. Bayangkan seorang raja yang tidak menyembah Tuhan, tetapi rela memberikan segala apa yang dimiliki oleh kerajaannya dan rakyat untuk membangun rumah Tuhan dan menjalankan ibadah untuk Tuhan. Sungguh Tuhan itu luar biasa dan bila Tuhan sudah turut campur, maka kemuliaanlah yang kita lihat.

Jadi, biarlah kita ikut-sertakan Tuhan di dalam kehidupan kita, sehingga Tuhan yang beracara dan turut campur di hidup kita. Agar kemuliaan, perlindungan dan perkenanan Tuhan serta manusia mengikuti kita senantiasa guna menyelesaikan rencana Tuhan dalam hidup kita. Biarlah kita rindu agar apa yang Ezra dan Israel alami bersama Tuhan juga dapat kita alami di kehidupan kita.

English:

Bible Reading: Ezra 6-8

We can see how king Darius and king Artaxesxes supports fully the building of the house of the Lord and also in fulfilling all the laws of the Word of God. They did not only support in terms of freedom to do things, but they also gave commands so that everything can be done and so that whatever is needed will be given, such as gold, silver or flocks for offerings. Truly, if it is not the work of the hands of the Lord and if it is not the Lord who moved the heart of king Darius and Artaxesxes, all of these would not happen.

Through this event we can see that if the lord is working to fulfill His promise, there is no one who can stop Him. The Lord will move the hearts of the people so that His plans would be done. If it is not from one kings, it can be the next. This also shows us the greatness of the Lord which cannot be denied by men. Imagine a king who do not worship the Lord, but is willing to give everything that his kingdom and his people has to build the house of the Lord and to fulfill the duty to worship the Lord. Truly, the Lord is amazing and if the Lord has intervene and is involved, then we will see glory.

So, let us involve the Lord in our lives, so that the Lord is the one who do and works in our lives. So that the glory, protection and favour of the Lord and men follows us always to fulfill the plans of the Lord in our lives. Let us long for what Ezra and Israelites experienced with God so that we may experience it too in our lives.


No comments:

Post a Comment