Monday, January 23, 2012

Bekerja Sama | Working Together

Indo:

Pembacaan Alkitab: Nehemia 3-4

Bila kita lihat akan pekerjaan pembangunan Yerusalem, kita dapat melihat bahwa semua orang ikut serta dan bergotong royong untuk membangun kembali kota mereka. Dari para imam, orang Lewi, dan orang-orang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda seperti tukang emas, juru campur rempah-rempah, para pedagang dan sebagainya. Kita dapat lihat bagaimana setiap orang sama-sama bekerja untuk pembangunan kota mereka yang Tuhan telah pilih. Tidak ada orang yang berkata ini bukan bagianku untuk membangun, sehingga ia tidak melakukan apa-apa untuk membangun kembali kota Yerusalem. Tetapi semuanya mengambil bagian walaupun mereka bukanlah ahlinya.

Terkadang, kita masih belum dapat bersama-sama melakukan pekerjaan Tuhan atau membangun gereja Tuhan. Bila ada yang dapat kita lakukan, tetapi bukanlah keahlian kita, kadang kita tidak melakukannya dengan memakai alasan bahwa itu bukanlah keahlian kita atau panggilan kita atau segala macam alasan. Biarlah kita belajar dari umat Israel yang di dalam pembuangan ini. Mereka tidak perduli akan apa keahlian mereka dan panggilan mereka, tetapi mereka semuanya sama-sama mengambil bagian untuk membangun kembali Yerusalem. Jadi, marilah kita ambil bagian yang dapat kita lakukan dalam pembangunan gereja atau pekerjaan Tuhan, bila memang dibutuhkan tenaga dan bantuan. Janganlah kita anggap bila kita tidak ada keahlian kita lebih baik tidak melakukan apa-apa, sebab Tuhan yang memberi kemampuan dan bila kita memiliki hati, Tuhan yang akan memampukan kita untuk kemuliaan-Nya. Jadi, marilah kita belajar untuk bersatu dan bergotong royong dalam apapun yang perlu dilakukan di dalam rumah Tuhan. Biarlah kita meminta Roh Kudus untuk memampukan dan memberi hikmat agar kita dapat melakukannya dengan baik, sehingga nama Tuhan dimuliakan.

English:

Bible Reading: Nehemiah 3-4

If we see the work to build Jerusalem back, we can see that everyone are involved and worked together to build back their city. From the priests, Levites, and those who have their own expertise such as the goldsmiths, perfumers, merchants and others. We can see how ever man work together to build their city which the Lord has chosen. None of them said that this is not my part to build, such that he does not do a thing to build back Jerusalem. But everyone took a part even though it is not their expertise.

Sometimes, we still cannot work together for the work of the Lord or to build the church of God. If there is something that we can do, even though it is not our expertise, sometimes we do not do it with an excuse that it is nto our expertise or not our calling or other excuses. Let us learn from the Israelites. They do not care of what their expertise or calling are, but they work together to take part to build Jerusalem back. So let us take part in what we can do for the building of the church of God or the work of God, if help was needed. Do not think that if we do not have any expertise that we better not do anything, because the Lord is the one who gives ability and if we have the heart, the Lord will enable us for His glory. So, let us learn to be united and work together in anything that is needed for the house of the Lord. Let us ask the Holy Spirit to enable us and gives us wisdom so that we may do it well such that the name of the Lord be glorified.



No comments:

Post a Comment