Wednesday, January 4, 2012

Bergantung Kepada Tuhan | Relying On The Lord

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Tawarikh 23-24

Raja Yoas adalah raja yang termuda ketika ia menjadi raja, yakni pada saat ia berumur tujuh tahun. Dan imam Yoyadalah yang pada saat itu menjadi semacam penasihat dan pendukung Yoas. Oleh karena imam Yoyada, Yoas dapat menjadi raja dan Yehuda hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Tetapi ketika imam Yoyada meninggal, maka Yoas tidak lagi mengingat akan apa yang telah dilakukan oleh imam Yoyada dan apa yang telah diajarkannya mengenai hidup bersama Tuhan. Yoas meninggalkan Tuhan dan mulai menyembah berhala-berhala. Hal ini tidak hanya terjadi pada jaman raja Yoas saja, tetapi seringkali umat Tuhan meninggalkan Tuhan ketika tidak ada pemimpin yang mencari Tuhan. Inilah kelemahan dan tindak laku yang salah, yakni bergantung kepada manusia dan bukan kepada Tuhan.

Sayangnya, banyak dari orang percaya juga berlaku sama dengan Israel, di mana kita menjadi terlalu bergantung kepada pemimpin kita hingga bila sudah tidak ada lagi pemimpin itu, maka kita mulai meninggalkan Tuhan. Misalnya, bila kita pindah ke kota atau negara lain, atau bila pemimpin kita yang pindah ke tempat lain, maka banyak dari kita yang condong untuk tidak sungguh-sungguh mencari Tuhan dan lama-kelamaan kita akan meninggalkan Tuhan. Oleh karena itu, biarlah kita belajar untuk bergantung kepada Tuhan dan bukan manusia. Jadi, bila memang ada saat di mana pemimpin kita sudah tidak ada, atau jatuh, atau melakukan hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, kita tidak jadi kecewa atau tidak meninggalkan Tuhan.

Jadi, janganah kita bergantung kepada manusia, tetapi marilah kita bergantung hanya kepada Tuhan Yesus Kristus dan kebenaran-Nya.


English:

Bible Reading: 2Chronicles 23-24

King Joash was the youngest king, who became a king when he was 7 years old. And priest Jehoiada was the one who became some kind of an advisor and supporter for Joash. Because of Jehoiada, Joash became king and Judah lived according to the Word of God. But when Jehoiada died, then Joash no longer remembers what Jehoiada has done and what Jehoiada has taught with regard to live with the Lord and he started to worship idols. This did not happened only in the times of Joash, but many times, the people of the Lord left the Lord when there was no leader who seeks the Lord. This is a weakness and thr wrong act, that is to rely on men and not on the Lord.

Unfortunately, many believers act the same way, where we becomes too reliant upon our leader that when s/he is no longer there, we started to leave the Lord. For example, when we moved to another city or country or when our leader move to another place, then many of us tend to no longer have the heart to seek the Lord and as time goes by we will leave the Lord. Therefore, let us learn to rely on the Lord and not on men. So when there are times whrer our leader is no longer there, or fall into sin, orhave done things which is not we had hoped for, we do not become disappointed and bitter or leave the Lord.

So, do not rely upon men, but let us rely only onto the Lord Jesus Chirst and His truth.

Blessings,

Maruli Saputra

No comments:

Post a Comment