Thursday, January 19, 2012

Memuliakan Bapa | Glorifying The Father

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yohanes 21

Yohanes, pada akhir dari kitab yang ditulisnya berkata bahwa jika seluruh perbuatan Yesus ditulis maka terlalu banyak kitab yang harus ditulis oleh karena banyaknya perbuatan Yesus itu. Jika kita bayangkan, Yesus yang melayani setiap hari selama 3.5 tahun tanpa henti, maka ada banyak hal yang Yesus telah lakukan. Sebab kita tahu bahwa Yesus bukan hanya menyembuhkan, Ia juga mengajar, menegur, mengusir setan, berdoa dan sebagainya. Intinya adalah, bahwa Yesus hidup setiap saat untuk kemuliaan Bapa dan Ia memakai seluruh waktu-Nya yang ada di dunia sebagai manusia untuk memuliakan Bapa.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah kita melakukan dan hidup dengan cara Yesus yang sama? Yesus telah menjadi teladan bagi kita agar kita mengikuti jejak Yesus dan diubahkan menjadi seperti Kristus dalam karakter dan kehidupan. Jika Yesus hidup setiap saat untuk memuliakan Bapa, apakah kita juga hidup setiap saat untuk kemuliaan Bapa, ataukah kita masih hidup untuk diri kita sendiri? Hal ini tidak berarti bahwa kita meninggalkan keluarga, sekolah dan pekerjaan atau usaha kita untuk pergi melayani orang-orang seperti Yesus, sebab setiap orang memiliki ladang yang berbeda-beda dan keluarga, sekolah, pekerjaan dan usaha kita itulah ladang di mana kita dapat memuliakan Bapa. Apapun yang kita lakukan di ladang yang Tuhan telah tempatkan kita, biarlah kita memiliki sikap yang fokus kepada Tuhan dan ingin memuliakan Bapa dan bukan untuk membuat nama bagi diri kita sendiri.

Oleh sebab itu, marilah kita belajar untuk melakukan segala sesuatu untuk Tuhan Yesus Kristus dan bukan untuk diri kita sendiri. Jadi, apa yang tidak memuliakan Bapa, janganlah kita lakukan, tetapi apa yang membuat nama Tuhan harum di kehidupan kita, lakukanlah itu. Dengan demikian kita belajar untuk meneladani Tuhan Yesus Kristus.

English:

Bible Reading: John 21

John, at the end of his book, said that if every single thing that Jesus had done were to be written, then there would be too many books on it because Jesus did so much. If we imagine, Jesus who served everyday for 3.5 years without a break, then there are so many things that He did. For we know that Jesus did not only heal, but He also taught, rebukes, casting out the devil, pray and many more. The point is that Jesus lived every moment for the glory of the Father and He used every single second of His time on the earth as man to glorify the Father.

The question now is, do we do and live the same way Jesus did? Jesus has become an example for us to follow and be changed to be like Jesus in character and life. If Jesus lived every moment to glorify the Father, have we lived the same way or do we still life for ourselves? This does not mean that we leave our families, studies, work or business to go and serve people like Jesus did, because every man has his own field and families, studies, work and businesses are our fields where we can glorify the Father. Whatever we do in the field that the Lord has placed us in, let us have the attitude that is focused on the Lord and wanting to glorify the Father and not to make a name for ourselves.

Therefore, let us learn to do every thing for the Lord Jesus Christ and not for ourselves. So, whatever things that does not glorify the Father, do not act on it, but whatever things that makes His name fragrant in our lives, do it. That way, we are learning to follow on the example of the Lord Jesus Christ.


No comments:

Post a Comment