Tuesday, November 22, 2011

Terang Dan Gelap | Light And Darkness

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yohanes 3

Tuhan Yesus telah datang ke dunia oleh karena kasih-Nya agar semua orang dapat beroleh hidup kekal bila mereka mau percaya kepada-Nya. Ia datang sebagai terang, tetapi tidak semua orang suka akan terang itu. Firman Tuhan yang dikatakan di sini tentang terang sangatlah betul. Mereka yang masih suka akan kegelapan tidak akan suka dengan terang, sebab dengan terang itu, perbuatan-perbuatan mereka yang jahat akan kelihatan, tetapi mereka yang suka akan kebenaran dan tidak suka akan jalan yang jahat akan suka dengan terang, karena perbuatan-perbuatan mereka akan terbukti benar.

Hal ini terpancarkan dalam kehidupan kita. Bila kita mulai pelan-pelan menjauh dari Tuhan, dari persekutuan bersama saudara seiman, maka kita ada hal yang ingin kita sembunyikan, yakni perbuatan yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Sama seperti apa yang Tuhan Yesus katakan, bahwa bila kita berbuat yang jahat, kita tidak mau dekat-dekat dengan terang, sebab itu akan ketahuan dan kelihatan. Tetapi justru biarlah ini menjadi teguran dan peringatan untuk kita. Bila kita sadar bahwa kita mulai menjauhi persekutuan dan Tuhan, maka ada pertobatan yang perlu kita lakukan. Biarlah kita periksa hati kita dan biarlah kita bertobat dari perbuatan yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan itu. Sebab terang dan gelap tidak dapat ada secara bersamaan, jika kita memiliki terang, maka tidak ada kegelapan, tetapi bila kita tidak memiliki terang, maka gelaplah kehidupan kita. Oleh karena itu biarlah kita hidup di dalam terang, sehingga apapun yang kita lakukan terlihat dan apa yang belum benar dapat dibenarkan.


English:

Bible Reading: John 3

The Lord Jesus has come to the earth because of His love so that everyone may receive eternal life if they want to believe in Him. He comes as light, but not all like that light. The Word of God that was said here about light is true. Those who likes darkness will not like light, because with light, their evil deeds will be exposed, but if they like the truth and do not walk in the evil path will like light because their deeds will be proven to be true.

This is shown in our lives. If we start to slowly drifting away from the Lord, from fellowships of our fellow brethren in faith, then there are things that we want to hide, that is acts that are not according to the Word of God. It is the same as what the Lord Jesus said, that if we do wicked things, we do not want to be close with light, because it will exposed our wicked acts. But let this be a rebuke and a reminder to us. If we realise that we start to drift away from fellowship and the Lord, then we need repentance. Let us check our hearts and let us repent from the deeds and acts which are not according to the Word of God. Because light and darkness cannot be in the same place at the same time, if we have light, then there is no darkness, but if we do not have light, then there is darkness in us. Therefore, let us live in light so that whatever we do may be seen and what is not yet right may be corrected.

No comments:

Post a Comment