Friday, November 4, 2011

Nabi Elisa | The Prophet Elisha

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Raja-Raja 1-2

Elia adalah nabi yang taat dan setia kepada Tuhan dan dipakai Tuhan dengan luar biasa. Elisa adalah bujangnya Elia yang dipilih oleh Tuhan untuk menggantikan Elia nantinya. Ketika Elia sudah mau diangkat oleh Tuhan ke surga, beberapa kali Elia meminta agar Elisa menunggu di dalma kota, tetapi Elisa tetap teguh untuk mengikuti ke manapun Elia pergi. Elisa memiliki hati yang setia dan tunduk sehingga ia ingin terus berada di mana tuannya berada. Tetapi dari sini kita juga dapat melihat ketekunan dan kegigihan Elisa dalam mengikuti Elia, sebab ia tahu bahwa Elia akan diangkat dan ia juga tahu bahwa dialah yang akan meneruskan jabatan nabi ganti Elia. Dan oleh karena kegigihan dan ketekunannya itu, Tuhan memberikan sesuai dengan apa yang dia minta, yakni urapan ganda dari apa yang Elia miliki. Setelahnya Elisa melakukan juga banyak hal yang memuliakan nama Tuhan sebagai nabi-Nya.

Dari kehidupan Elisa ini, kita dapat belajar sifat dan karakter Elisa. Ketaatan, kesetiaan, penundukan, kegigihan dan ketekunannya dalam mengikuti Tuhan, mengejar Tuhan dan juga melayani tuannya Elia. Bila kita memiliki apa yang Elisa miliki dalam hubungan kita dengan Tuhan, maka kita akan dapat melihat lebih lagi akan kuasa tangan Tuhan dan urapan-Nya atas hidup kita. Tentunya kita perlu untuk ingin hidup hanya bagi Tuhan. Jadi, bila kita melayani Tuhan dalam segala bidang, biarlah kita belajar sikap dan karakter Elisa yang dengan gigih mengejar Tuhan. Bila kita belum melayani Tuhan dengan apa yang Tuhan telah berikan, biarlah kita juga terus kejar hatI Tuhan agar ktia tahu apa bagian kita yang Tuhan telah sediakan. Dengan begitu kita hidup untuk Tuhan seperti nabi-nabi-Nya di jaman dulu.


English:

Bible Reading: 2Kings 1-2

Elijah is an obedient, faithful prophet and used by the Lord in amazing ways. Elisha is Elijah's servant, chosen by the Lord to take Elijah's place in the end. When Elijah was ready to be taken by the Lord into the heaven, many times Elijah asked Elisha to stay in the city, but Elisha stood firm to follow where ever Elijah goes. Elisha have a heart that is faithful and submissive that he wants to be where ever his master is. But from here we can also see the perseverance of Elisha in following Elijah, because he knows that Elijah wil soon be taken away and he knows that he will be the one to continue the ministry of Elijah as a prophet. Because of his perseverance, the Lord gave him as he asked, that is double portion of Elijah's anointing. After that, Elisha also went and did many things that glorifies the name of the Lord as His prophet.

From the life of Elisha, we can learn his attitude and character. His obedience, faithfulness, submission and perseverance in following the Lord, running after the Lord and also in serving his master, Elijah. If we have what Elisha had in our relationship with the Lord, then we will see more of the works of His hands and His anointing upon our lives. Of course we need to want to live only for the Lord. So if we are serving the Lord in any aspect, let us learn to have the attitude and character of Elisha who persevere to run after the Lord. If we haven't served the Lord yet with whatever the Lord had given, let us keep on running after God's heart so that we know our portion that the Lord had prepared. That way we live for the Lord like the prophets in the olden days.

No comments:

Post a Comment