Sunday, November 27, 2011

Apa Yang Diberikan Dapat Diambil Balik | What's Been Given Can Be Taken Back

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Tawarikh 5

Tuhan menjanjikan Israel tanah untuk menjadi milik mereka dan itu berarti bahwa tiap suku mendapat bagiannya masing-masing. Untuk suku Ruben, Gad dan setengah dari Manasye, mereka suka dengan tanah yang di seberang sungai Yordan dan karena mereka percaya kepada Tuhan bahwa Ia akan memberikannya kepada mereka, maka Tuhanpun memberikan mereka kemenangan sehingga mereka meduduki tanah daerah itu. Tetapi ketika mereka mulai menjadi nyaman dan mulai hidup berzinah terhadap Tuhan, yakni tidak lagi setia dan pergi menyembah allah-allah lain, maka mereka akhirnya diberikan sebagai tawanan di bawah raja lain. Apa yang Tuhan telah berikan kepada mereka diambil-Nya kembali sebab mereka tidak taat, tidak setia dan tidak hidup menurut perintah Tuhan.

Di dalam kehidupan kita sekarang ini, di jaman ini, hal yang sama juga berlaku. Yakni, bila Tuhan yang memberi, Ia juga berhak mengambilnya kembali, bila kita tidak hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Mungkin kita berdoa untuk bisnis atau pekerjaan atau juga mungkin mobil, dan sebagainya, dari Tuhan. Dan karena kita hidupnya taat, Tuhan membimbing kita dan memberikan hal-hal yang kita minta. Tetapi bila selagi kita menjalani apa yang diberikan Tuhan itu, kita menjadi tidak setia, merasa nyaman dan tidak perlu Tuhan lagi, maka Tuhan akan mengambilnya kembali daripada kita. Bukan sebagai balas dendam, tetpai agar kita ingat bahwa apa yang kita miliki itu bukan milik kita dan bukan karena kekuatan kita, tetapi semuanya itu karena kasih karunia Tuhan dan karena Tuhan yang memberikannya kepada kita. Oleh karena itu, marilah kita hargai apa yang Tuhan berikan bagi kita, baik it bisnis, pekerjaan, rumah tangga, barang milik kita, maupun kehidupan kita ini. Biarlah kita tidak menjadi lupa akan Tuhan karena kita begitu diberkati. Tetapi biarlah kita selalu ingat bahwa segala sesuatu itu datang dari Tuhan dan biarlah kita senantiasa hidup sesuai dengan kebenaran-Nya dan penuh dengan ucapan syukur.


English:

Bible Reading: 1Chronicles 5

The Lord promised Israel of lands that will become theirs and that means that every tribe will have their share. For Reuben, Gad and half of Manasseh, they like the land that is opposite of the Jordan river and because they believed in the Lord that He will give it to them, then the Lord gave them victories so that they may subdue the land. But once they start to become comfortable and complacent, they start living in sin, they were unfaithful and went to worship other gods, that in the end they were given as captives under other kings. What the Lord has given to them was taken away from them because they were not obedient, unfaithful and did not  live according to the law of the Lord.

In our lives right now, in this age the same thing applies too. That is, if the Lord gives, He also has the right to take it back, if we do not live according to the Word of God. Maybe we are praying for business, work or maybe for a car and etc, from the Lord. And because we life obediently, the Lord guided us and gave the things we ask for. But if during our walk after receiving what the Lord gave to us, we became unfaithful, felt comfortable and complacent and does not need God anymore, then the Lord will take back what He gave. Not as a revenge, but so that we would remember that what we have is not ours and not because of our strength, but all of it is because of the grace of the Lord and because the Lord gave it to us. Therefore, let us honour what the Lord gave to us, may it be business, work, household, our belongings, or our lives. Let us not forget the Lord because we are so blessed. But let us always remember that all things comes from the Lord and let us always live according to His truth and full of thanksgiving.

No comments:

Post a Comment