Thursday, November 24, 2011

Allah Maha Tahu | The All-Knowing God

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Tawarikh 2

Bila kita baca silsilah dari keturunan Israel, mungkin kita merasa bahwa apa gunanya kita mengetahui semua ini. Isinya hanya penuh dengan nama-nama, si ini melahirkan si itu dan sebagainya. Tetapi bila kita perhatikan, bukankah Tuhan itu ajaib? Untuk satu orang penulis yang dapat tahu sampai siapa kawin dengan siapa lalu kawin lagi dengan siapa dan anaknya siapa, sungguh bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan tanpa ada turut campur tangan Tuhan. Bayangkan bila kita di minta untuk menelusuri seluk beluk keluarga kita, banyak dari kita pasti tidak akan dapat menyebutkan sampai 4 generasi ke atas dan sampai sangat detil pula. Melihat hal ini, sungguh bila bukan Tuhan yang membukakan sejarah keturunan Israel, siapa lagi yang dapat mengetahui samapi sebegitu detilnya.

Mengetahui salah satu kehebatan Tuhan dalam membukakan hal-hal yang tidak kita ketahui, hal ini bukan hanya soal silsilah keluarga Israel saja. Tetapi Tuhan sanggup membukakan hal-hal yang jauh lebih besar lagi. Rancangan-Nya, rencana-Nya untuk kita masing-masing. Sebab Firman-Nya sendiri berkata, "Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui." (Yeremia 33:3). Oleh sebab itu, biarlah kita berseru kepada Tuhan, Yang Maha Tahu, dan biarlah kita berserah dan berharap kepada-Nya sebab Ia mengetahui masa depan kita dan Ia yang dapat memimpin kita untuk berjalan di dalam rencana-Nya. Berserulah kepada Tuhan dan percayalah bahwa Tuhan sanggup memberitahukan hal-hal yang tersembunyi. Terpujilah Tuhan, Allah Maha Tahu!


English:

Bible Reading: 1Chronicles 2

If we read the history of descendants of Israel, maybe we feel that there is no meaning in us knowing all this. The content is full of names, this person bore that person etc. But if we notice, isn't the Lord magnificent? For one man to be able to know the details of who is married to whom and then married to another person and the children's names from which wive, that is not something that can be done unless the Lord is involved. Imagine if we are asked to search for the history of our families, many of us would not be able to state up to 4 generation above us and not in that kind of detail too. Looking at this, truly, if it is not the Lord who opens up the history of Israel, then who is able to know up to that level of detail?

Knowing one of the greatness of the Lord in opening up things that we do not know, this is not only for the history of Israel. But the Lord is able to open up greater things. His plans for each and everyone of us. Because His Word says, "Call to Me, and I will answer you, and show you great and mighty things which you do not know." (Jeremiah 33:3). Therefore, let us call unto the Lord, the All-Knowing, and let us surrender and hope in Him because He knows our future and He is able to lead us to walk in His plans. Call unto the Lord, believe that He is able to tell of the things yet unseen or untold. Blessed be the Lord, the All-Knowing God!

No comments:

Post a Comment