Saturday, November 26, 2011

Doa Yabes | The Prayer of Jabez

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Tawarikh 4

Kita semua tahu tentang doa Yabes kepada Tuhan yang meminta untuk Tuhan memberkati hidupnya, memperluas miliknya, menjaganya dan melindunginya dari kecelakaan dan kesakitan. Dan kita juga tahu bahwa Tuhan mengabulkan semua itu untuk Yabes. Dan dari doa Yabes ini kita mungkin telah banyak mendengar atau membaca akan bagaimana kita juga perlu untuk berdoa agar Tuhan memberkati kita dan segala milik kita. Sebab memang hal itu baik bila memuliakan Tuhan.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan juga. Dari isi seluruh Alkitab, kita tahu bahwa Tuhan mendengarkan doa-doa kita dan Ia mengabulkan doa kita bila kita hidup benar di hadapan-Nya. Jadi janganlah kita lupakan akan hal itu. Yakni agar kita hidup benar di hadapan Tuhan dan bukan hanya asal meminta dan menagih dari Tuhan akan berkat hanya karena kita membaca tentang Yabes yang minta diberkati dan dikabulkan oleh Tuhan. Satu hal lagi yang perlu kita ingat, adalah, doa Yabes hanyalah salah satu macam doa yang ada dan yang dilakukan oleh umat Tuhan, tetapi bukanlah yang paling dominan atau yang paling banyak dilakukan oleh umat Tuhan. Seringkali doa-doa umat-Nya adalah untuk pertobatan, ucapan syukur, visi, pimpinan Tuhan, bangsa-bangsa, keselamatan orang lain dan sebagainya. Jadi, janganlah kita hanya berdoa untuk diri kita sendiri saja, tetapi biarlah kita juga belajar untuk berdoa mengucap syukur, bagi orang lain dan untuk kemuliaan Tuhan.


English:

Bible Reading: 1Chronicles 4

We all know about the prayer of Jabez to the Lord, who asks of the Lord to bless his life, expand his territory, to protect him from harm and pain. And we know that the Lord grant his prayers. And from this prayer of Jabez we may have heard or read how we also need to pray for the Lord to bless us and all our belongings. Because this is good if it is glorifying God.

But there are a few things that we need to take notice of. From the whole Bible, we know that the Lord listens to our prayers and He grants those prayers if we live righteously before Him. So do not forget about that. That is for us to live righteously before the Lord and not only to ask and demand blessings from the Lord just because we have read about Jabez who were blessed and were granted by the Lord. One more thing that we need to remember is that the prayer of Jabez is only one of the kind of prayers that is done by the people of the Lord, but it is not the most dominant or the most said prayers. Many times, prayers of His people are for repentance, thanksgiving, vision, the Lord's guidance, nations, salvation of others and many more. So, do not just pray for ourselves, but let us also learn to give thanks in our prayer, to pray for other and for the glory of God.

No comments:

Post a Comment