Saturday, November 12, 2011

Membuka Mata dan Pikiran Kita | Opening Our Eyes And Minds

Indo:

Pembacaan Alkitab: Lukas 24

Seringkali ketika kita membaca dan merenungkan Firman Tuhan, kita merasa bahwa kita tidak dapat mengerti apa-apa, atau bahwa semua itu hanya cerita saja. Jika kita mengalami hal ini dari waktu ke wakti, ada beberapa kemungkinan, yakni, bahwa memang belum waktunya untuk Tuhan membukakannya kepada kita, atau memang mata dan pikiran kita masih tertutup dari kebenaran Tuhan. Jika kita lihat apa yang terjado dengan murid-murid Yesus beserta dua orang yang berjalan ke Emaus, ada yang menutupi mata mereka sehingga mereka tidak mengenal bahwa itu Yesus dan Yesus membukakan mata mereka agar mereka sadar. Murid-murid Yesus yang lainnya juga serupa, pikiran mereka tertutup sehingga mereka tidak mengerti Firman Tuhan. Tetapi Tuhan Yesus membukakan pikiran mereka sehingga mereka dapat mengerti Firman Tuhan.

Melihat dari apa yang terjadi dengan murid-murid Yesus, kita dapat melihat betapa pentingnya untuk kita selalu berdoa dahulu sebelum kita membaca, mendengar dan merenungkan Firman Tuhan. Marilah kita berdoa meminta Roh Kudus untuk memimpin dan menerangkan Firman Tuhan kepada kita. Marilah kita berdoa agar Tuhan yang membukakan mata jasmani dan mata hati kita, agar kita dapat melihat kebenaran Tuhan. Marilah juga kita berdoa agar Tuhan sendiri yang membukakan pikiran kita untuk mengerti segala apa yang kita dengar, baca dan renungkan dan untuk mengerti apa yang Tuhan ingin bukakan dan ajarkan kepada kita. Dengan begitu, kita tidak menggunakan pikiran kita sendiri untuk mencoba mengenal Tuhan, tetapi yang kita perlu adalah hati yang rela dan mau diajar dan memberikan seluruh hidup kita, jasmani dan rohani untuk Roh Kudus ambil alih, bukakan dan ajarkan. Biarlah kita belajar dari Roh Kudus dan jika kita minta akan mata dan pikiran kita dibukakan, maka Tuhan akan bukakan dan ajarkan sesuai dengan waktu-Nya. Terpujilah Tuhan yang mengajarkan dan membukakan pengertian kepada umat-Nya.


English:

Bible Reading: Luke 24

Many times when we read and meditate on the Word of God, we feel that we cannot understand anything, or that all of it is just a story. If we experience this from time to time, there are a few possibilities: that is maybe it is not time yet for the Lord to reveal it to us, or maybe our eyes and minds are still closed from the truth of God. If we look at what happened to the disciples of Jesus and the two who was walking towards Emmaus, something were there that they did not recognise who Jesus is and Jesus opened up their eyes and they relaised. The other disciples, also experience similar things, their minds were closed that they did not understand the Word of God. But the Lord Jesus opened up their minds that they understood the Word of God.

Seeing from what happened to the disciples of Jesus, we can see how important it is for us to always pray before we read, listen and meditate on the Word of God. Let us pray for the Holy Spirit to lead and reveal the Word of God to us. Let us pray that the Lord would opened up our spiritual eyes and the eyes of our heart so taht we may see the truth of the Lord. Let us also pray so that the Lord himself opens up our minds to understand all the things that we listen, read and meditate upon and to understand what the Lord wants to reveal and teach to us. That way, we are not using our own minds to try to understand the Lord, but what we need is a heart that is willing to be taught and giving our whole lives, physically and spiritually for the Holy Spirit to take over, reveal and teach. let us learn from the Holy Spirit and if we ask taht our eyes and minds be opened, then the Lord will open and teach according to His time. Blessed be the Lord who teaches and reveals understanding to His people.

No comments:

Post a Comment