Wednesday, November 16, 2011

Anak Domba Allah, Terang & Firman | Lamb of God, Light & Word

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yohanes 1

Tuhan Yesus Kristus adalah Firman, Terang dan Anak Domba Allah. Dia ada pada awalnya dan Dia akan terus ada selamanya. Sungguh ini adalah 3 karakter Yesus yang luar biasa yang dapat kita dapat pelajari. Mari kita lihat karakter Yesus ini dengan lebih seksama.

Oleh karena Ia yang adalah Anak Domba Allah, maka melalui pengorbanan-Nya di kayu salib, Ia telah mengambil dan menanggung semua dosa yang ada di dalam diri kita, baik itu dosa kita sendiri, dosa keturunan dan sebagainya. Oleh karena darah-Nya yang tercurah, kita telah ditebus dan harganya telah dibayar lunas sehingga kita dapat menerima keselamatan yang daripada-Nya.

Karena Tuhan Yesus adalah Terang, maka jika kita hidup di dalam-Nya kita akan memiliki terang itu. Tetapi tentunya ketika suatu terang memasuki tempat yang gelap, tempat itu akan menjadi terang dahulu, baru ketika sekeliling tempat itu gelap, maka semua orang dapat melihat terang yang terpancarkan dari tempat itu. Demikian juga ketika kita undang TUhan Yesus datang ke dalam hati kita untuk tinggal sebagai Tuhan dan Juru Selamat, Ia menerangi hati dan hidup kita, sehingga segala kegelapan lenyap, dan segala yang kotor kelihatan. Setelah kita memiliki terang, maka kita akan dapat melihat bagian-bagian yang kotor, yang perlu di buang, yang perlu dibersihkan, yang perlu diperbaiki dan sebagainya. Demikian juga, oleh Roh Kudus yang tinggal dalam hati kita, kita pelan-pelan akan di bawa untuk membersihkan yang kotor, membuang segala yang busuk dan perlu di buang dan memperbaiki yang perlu diperbaiki. Oleh karena itu janganlah kita anggap bahwa setelah kita menerima Tuhan Yesus di dalam hati kita, maka segalanya selesai, justru itu adalah permulaan kehidupan kita bersama dengan Tuhan Yesus Kristus.

Dan melalui Firman-Nyalah kita dapat mengerti apa yang perlu di bersihkan, apa yang perlu dibuang, dan apa yang perlu diperbaiki. Sebab Firman Tuhan adalah cermin (Yakobus 1:23). Ketika kita membaca dan merenungkan Firman Tuhan, itu seperti ktia melihat diri kita di cermin dan kita melihat apa yang jelek, apa yang baik, apa yang dapat kita bersihkan, buang atau perbaiki. Tetapi untuk itu kita perlu ada suatu tindakan dan bukan hanya mendengarkan atau merenungkan Firman saja. Kita perlu ada suatu tindakan di dalam kehidupan kita.

Maka dari itu, marilah kita hidup selalu di dalam Tuhan Yesus Kristus dan Dia tinggal di dalam kita, darah-Nya yang tercurah untuk kita, terang-Nya yang terus menerangi kehidupan dan hati kita dan juga Firman-Nya yang terus mengajarkan kita dan memberitahukan apa yang perlu kita lakukan. Biarlah kita menjalani kehidupan kita ini bersama dengan Yesus, sampai seluruh hati dan kehidupan kita bersih total dari segala yang kotor, segala yang perlu dibuang dan sampai segala yang peru diperbaiki telah diperbaiki. Biarlah Firman Tuhan yang membimbing kita bagaimana caranya agar kita terus diperbaiki dan dibersihkan sampai sesuai dengan yang Tuhan inginkan. Terpujilah Tuhan Yesus Kristus yang sungguh luar biasa!


English:

Bible Reading: John 1

The Lord Jesus Christ is the Word, Light, and Lamb of God. He is there in the beginning and He will always be there. Truly these are 3 amazing characters of Jesus that we can learn. Let us look at these characters in more detail.

Because of Him who is the Lamb of God, that through His sacrifice on the cross, He has taken and bore all of the sins that is in us, may it be our own, or from our ancestors and etc. Because of His blood that was poured out, we have been redeemed and the price has been paid in full that we are able to receive salvation from Him.

Because the Lord Jesus is Light, then if we live in Him we will have that light. BUt of course when a light enters a dark place, that place will become bright first and then when the surrounding of that place is dark, then everyone can see that light that is shining from that place. So it is when we invite the Lord Jesus into our hearts to stay as Lord and Saviour He gives light to our hearts and lives so that all darkness is gone and all that is dirty can be seen. After we have that light, then we will be able to see parts that are dirty, needs to be thrown away, need to be cleaned, need to be fixed and etc. So it is, when the Holy Spirit lives in our hearts, slowly we will be brought to clean the dirty bits, throw away all things that is rotten and need to be thrown away, and to fix what needs to be fixed. Therefore, do not think that once we receive the Lord Jesus in our hearts that it is all finished, but it is only the beginning of our lives with the Lord Jesus Christ.

And through His Words, we can understand what needs to be cleaned, what needs to be thrown away, and what needs to be fixed. Because the Word of God is like a mirror (James 1:23). When we read and meditate on the Word of God, it's like seeing ourselves in a mirror and we see what is bad, what is good, what can be cleaned, thrown away and fixed. But to do that we need to have an action too and not just to listen or meditate on the Word. We need to have an action in our lives.

Therefore, let us always live in the Lord Jesus Christ and He in us, His blood that is poured out for us, His light that keeps on lighting our lives and hearts and His Words that keeps on teaching us and telling us what we need to do. Let us live this life with Jesus until all of our hearts and lives are clean from all dirty things, things to be thrown away and until what needs to be fixed are fixed. Let the Word of God leads us as how to keep on fixing our lives and cleaning it until it is as what the Lord wants. Blessed be the Lord Jesus Christ who is so amazing!

No comments:

Post a Comment