Monday, November 14, 2011

Pergaulan dan Lingkungan Kita | Company and Our Surroundings

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Raja-Raja 15-16

Pernahkah kita berpikir mengapa bangsa Israel, yang telah mengalami banyak mujijat dan menyaksikan banyak kuasa tangan Tuhan di kehidupan mereka dan nenek moyang mereka, tetap hidup di luar kebenaran Tuhan? Telah dikatakan bahwa bangsa Israel mempersembahkan korban-korban bakaran di bukit-bukit  dan korban bakaran yang keji seperti yang dilakukan oleh bangsa-bangsa yang telah dihalau oleh Tuhan. Di sinilah letak alasan mengapa bangsa Israel terus menerus menolak Tuhan, yakni bahwa mereka terbawa oleh lingkungan dan orang-orang di sekitar mereka. Bila kita baca di pasal-pasal dan bahkan kitab-kitab sebelumnya, kita melihat bahwa banyak dari bangsa-bangsa yang dikalahkan oleh Israel masih dibiarkan hidup walaupun Tuhan telah perintahkan untuk dimusnahkan. Tuhan memerintahkan seperti itu sebab bangsa-bangsa itu berbuat keji dan sudah tidak mau bertobat lagi. Tetapi karena Israel tidak menghabiskan semuanya, maka masih ada sisa-sisa orang-orang bangsa lain di antara Israel dan oleh karena itu bangsa Israel mulai terpengaruh oleh kebiasaan hidup mereka yang jahat. Terlebih lagi bangsa Israel dan bahkan raja-raja mengambil istri dari bangsa lain yang juga menyebabkan mereka menyembah berhala.

Melihat semua ini, kita dapat menyimpulkan bahwa lingkungan tempat di mana kita tinggal dan bergaul itu penting. Kumpulan orang-orang yang kita ikuti itu penting, sebab semuanya itu mempengaruhi kehidupan dan kebiasaan kita. Misalnya, bila kita berkumpul bersama-sama dengan orang-orang yang suka minum alkohol, maka lama-kelamaan kita akan terbawa dan juga ikut minum alkohol. Bila kita berkumpul bersama dengan orang-orang yang sedang diet, maka kita juga lama kelamaan akan ikut mau diet dan sebagainya. Jadi, lingkungan di mana kita berkumpul, banyak luangkan waktu, itulah yang akan membentuk kehidupan kita. Oleh sebab itu, marilah kita banyak berkumpul dengan orang-orang yang cinta Tuhan, dengan demikian kita akan makin cinta Tuhan. Tetapi kita juga perlu untuk keluar dan menjangkau teman-teman dan orang-orang di luar lingkungan kita, yang belum mengenal Kristus, agar mereka juga dapat masuk ke dalam lingkungan kita dan mengenal Tuhan Yesus Kristus. Sebab benarlah perkataan Firman Tuhan ini: 'Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik' (1Korintus 15:33). Jadi, marilah kita cari pergaulan yang cinta Tuhan dan marilah kita ajak orang-orang untuk masuk ke dalam pergaulan yang sama agar mereka mengenal Tuhan, bertobat dan cinta Tuhan.


English:

Bible Reading: 2Kings 15-16

Have we ever thought why Israelites, who has experience many miracles and have witnessed many power of God in their lives and their ancestors, that they still lived outside of the truth of God? It is said that the Israelites offered up offerings on the hill and wicked offerings that the nations the Lord has driven out did. This is where the reason for Israelites rebellious acts lies, that they are drawn and influenced by their surroundings and the people around them. If we read from the previous chapters and books, we can see that many of the nations that were defeated by the Israelites were left alive even though the Lord had commanded to finish them all. The Lord commanded that because these nations have done wicked things and they do not want to repent anymore. But because Israel did not finish them all, there are other nations mixed in the midst of Israel and Israelites are influenced by their way of life. Moreover, the Israelites and their kings took wives from other nations which also led them to worship idols.

By looking at all this, we can conclude that our surroundings where we live and hang out is important. The group of people that we follow is important, because all of it affect our lives and habits. For example, if we hang out with a group of people who likes to drink alcohol, then sooner or later, we will be drawn and brought to drink too. If we hang out with a group of people who are on a diet, then we too will be on a diet and etc. So, the surroundings of where we hang out, spend much time with will shape our lives. Therefore, let us hang out more with a group of people who loves the Lord and so we will come to love the Lord even more. But we also need to go out and reach out to our friends and the people outside of our group, who have not yet known Christ, so that they could join us and know the Lord Jesus Christ. For this Word of God is true: 'Bad company corrupts good character' (1Corinthians 15:33). So, let us find a company of people that loves the Lord and let us bring people to enter this company of people so that they may know the Lord, repent and love the Lord.

No comments:

Post a Comment