Monday, December 26, 2011

Waktu & Caranya Tuhan | The Lord's Time & Method

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yohanes 11

Ketika Yesus mendengar akan Lazarus yang sakit, Tuhan telah mengatakan bahwa penyakit itu tidak akan membawa kematian tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah. Melalui perkataan Yesus ini kita tahu bahwa Tuhan akan memakai penyakit itu untuk memuliakan Allah. Tetapi bila kita hadapi hal yang sama dan mendengar perkataan yang sama, tentunya yang ada di pikiran kita adalah bahwa penyakit itu akan sembuh sehingga akan menjadi kesaksian bagi orang banyak. Tetapi kenyataannya tidaklah demikian. Tuhan justru sengaja menunggu 2 hari lagi sebelum jalan menemui Lazarus dan keluarga. Tuhan juga tidak menyembuhkan, tetapi membiarkan lazarus mati selama 4 hari.

Dari kejadian Lazarus ini kita melihat bagaimana cara dan waktu Tuhan untuk penggenapan perkataan-Nya sangatlah berbeda dengan apa yang kita pikirkan. Tuhan tidak langsung pergi dan menyembuhkan Lazarus, tetapi membiarkannya mati selama 4 hari dan membiarkan keluarga Lazarus mengalami dukacita dahulu. Secara manusia, hal ini tidaklah wajar, tetapi justru di mata Tuhan, cara ini dan waktunya sangatlah tepat dan pas. Karena setelah Yesus membangkitkan Lazarus, semua orang takjub dan percaya kepada Yesus dan sungguh, kemuliaan Tuhan dinyatakan.

Jadi, janganlah kita membatasi Tuhan dengan pikiran, cara-cara dan waktu kita. Tetapi, biarlah kita belajar untuk benar-benar berserah kepada Tuhan dalam segala hal. Sebab kita tak tahu cara dan waktu Tuhan sampai pada saat Tuhan menyatakannya. Tetapi satu hal yang kita tahu adalah bahwa Tuhan selalu menepati dan menggenapi perkataan-Nya dan Ia selalu bekerja untuk kebaikan mereka yabg mengasihi-Nya. Maka dari itu, marilah kita biarkan Tuhan bekerja di waktu dan melalui cara-Nya sendiri dan janganlah sampai pikiran dan akal budi kita membatasi Tuhan untuk menyatakan kemuliaan-Nya di hidup kita.


English:

Bible Reading: John 11

When Jesus heard of Lazarus who was sick, the Lord said that the sickness will not bring death but will reveal the glory of the Lord. Through these words of Jesus, we know that the Lord will use this sickness for His glory. But if we are facing the same situation and hearing the same words, surely what is in our minds is that the Lord will heal and it will become a testimony to many. But the fact is ut wasn't like that. The Lord intentionally waited 2 more days before going to see Lazarus and family. The Lord also did not heal, but let Lazarus died for 4 days.

From this event we can see how the method and timing of the Lord to fulfill His words are different than what we think. The Lord did not immediately went to heal Lazarus, let Lazarus died for 4 days and let the family grieved first. Humanly speaking, this does not make any sense, but in the eys of the Lord, this method and the timing is just right. Because Jesus raised Laarus from the dead, everyone was amazed and believed in Jesus, and truly, the Lord's glory is revealed.

So, let us not limit the Lord with our minds, methods and time. But let us learn to really surrender to the Lord in all things. For we do not know the method and the Lord's time until the moment He reveals it to us. But one thing that we know is that He always fulfills His words and that He always work for the good of those who loves Him. Therefore, let us let the Lord work in His own time and method and do not let our minds limit the Lord to reveal His glory in our lives.
Blessings,

Maruli Saputra

No comments:

Post a Comment