Thursday, December 22, 2011

Gembala & Domba | Shepherd & Sheep

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yoahnes 10

Tuhan Yesus mengajarkan bahwa Dialah Gembala yang baik dan bagi kita yang masuk dan keluar melalui-Nya, maka kita adalah domba-domba-Nya. Tuhan juga berkata bahwa domba-domba-Nya akan mengenal Dia dan suara-Nya. Tentunya, kita ingin untuk menjadi domba-domba-Nya dan Ia sebagai Gembala kita yang baik, sebab Ia adalah Gembala yang rela memberikan nyawa-Nya untuk domba-domba-Nya. Tetapi bagaimana kita dapat menjadi domba-domba-Nya?

Pertama-tama, Tuhan berkata bahwa Tuhan Yesuslah pintu masuk dan keluar, dan bahwa mereka yang masuk dan keluar melalui-Nya akan selamat dan menemukan padang rumput. Hal ini tentunya berbicara akan percaya kepada Tuhan Yesus dan menerima-Nya sebagai satu-satunya Tuhan dan Juru Selamat di hidup kita. Sama seperti apa yang Yesus pernah katakan sebelumnya, bahwa tidak ada yang dapat datang kepada Bapa kecuali melalui-Nya, inilah yang Tuhan Yesus teguhkan kembali, yakni bahwa Dialah pintu untuk kita masuk ke dalam anugrah, dan pelataran Tuhan. Tuhan juga katakan bahwa masuk dan keluar melalui Dia, maka hal ini berarti bahwa hidup kita perlu ada Tuhan setiap saat, di manapun kita berada dan apapun yang kita lakukan, biarlah itu bersama dengan Tuhan Yesus Kristus.

Tuhan lalu berkata bahwa domba-domba-Nya mengenal Dia dan suara-Nya. Kita bisa dikatakan sebagai domba Tuhan hanya bila kita setiap hari digembalakan oleh Tuhan, dipimpin, dan dituntun. Jadi, bila kita ingin mengenal Tuhan dan menjadi domba-domba-Nya, kita perlu untuk mengikuti Tuhan dan Firman-Nya. Kita perlu untuk menjadikan Tuhan sebagai gembala kita, yang memimpin dan menuntun kita setiap harinya. Jadi, bukan lagi pikiran atau kekuatan kita yang memutuskan langkah kita setiap hari, tetapi biarlah Firman Tuhan dan Roh Kudus yang memimpin dan menetapkan langkah kita sehari-harinya. Untuk kita dapat melakukan hal ini, tentunya kita perlu untuk mengisi kehidupan kita dengan Firman Tuhan dan dekat dengan Roh Kudus. Jadi, biarlah kita hidup setiap hari menjadikan Tuhan gembala kita, yang memimpin dan menuntun kita.


English:

Bible Reading: John 10

The Lord Jesus teaches that He is the good Shepherd and for us who comes in and out through Him, then we are His sheep. The Lord also said that His sheep will know Him and His voice. Of course, we want to become His sheep and Him as our good Shepherd in our lives, because He is the Shepherd who is willing to give His life for His sheep. But how can we be His sheep?

Firstly, the Lord said that the Lord Jesus is the door to go in and out, and that those who enters and out through Him will be saved and find pastures. This of course talks about believing in the Lord Jesus and receiving Him as our only Lord and Saviour. The same as what Jesus has said before, that no one comes to the Father except through Him, this is what the Lord Jesus confirms again, that He is the door for us to enter into the temple and grace of the Lord. The Lord also said that going in and out through Him, this means that in our lives we need to have the Lord every moment, where ever we are and what ever we do, let it be with the Lord Jesus Christ.

The Lord then said that His sheep knows Him and His voice. We can be said as His sheep only if we are shepherd by the Lord, that is being guided and led by the Lord. So, if we want to know the Lord and become His sheep, we need to follow the Lord and His Words. We need to make the Lord our shepherd who leads and guides us every day. So it is no longer our minds or strength that determines our steps in life, but let it be the Word of God and the Holy Spirit who leads and determines our steps daily. For us to be able to do this, of course we need to fill our lives with the Word of God and be close with the Holy Spirit. So, let us life daily by making the Lord our shepherd who leads and guides us.

No comments:

Post a Comment