Monday, December 19, 2011

Pekerjaan Tuhan Dinyatakan | Works Of God Be Revealed

Indo:

Pembacaan Alkitab: Yohanes 9

Ada banyak sekali hal yang dapat kita pelajari dari kejadian dengan orang buta yang disembuhkan oleh Yesus dengan mengaduk ludah-Nya dengan tanah, mengoleskan pada mata orang buta itu dan menyuruhnya membasuhnya di kolam Siloam. Tetapi mari kita perhatikan salah satunya saja pada har ini. Yakni akan pembicaraan antara Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya sebelum Tuhan menyembuhkan orang buta itu. Ketika para murid melihat orang buta ini, mereka langsung bertanya akan siapakah yang berdosa, sehingga orang ini dilahirkan buta. Pertanyaan para murid Yesus ini sering kita tanyakan juga kepada Tuhan, kepada diri kita sendiri atau kepada orang lain. Ini adalah hal yang baik, bila kita bermotivasi untuk memeriksa diri sendiri sehingga kita dapat bertobat. Tetapi bila kita bertanya karena mau menghakimi orang lain, atau untuk meragukan Tuhan, maka motivasi kita sudah salah. Jadi, bila ada sesuatu yang kelihatannya karena akibat dosa, biarlah kita benar-benar dengan rendah hati bertanya kepada Tuhan akan dosa apa yang kita telah perbuat yang masih belum kita sadari, sehingga kita dapat bertobat daripada dosa itu.

Tetapi, seperti jawaban Yesus kepada para murid-Nya, ada kalanya bukan karena dosa yang kita lakukan, tetapi karena pekerjaan Tuhan perlu dinyatakan di dalam hidup kita. Segala hal yang terjadi di dalam kehidupan kita ini, Tuhan mengetahuinya dan mengijinkannya terjadi dengan suatu maksud, yakni agar pekerjaan Tuhan dinyatakan di dalam kehidupan kita. Memang ada hal yang terjadi karena kita sendiri yang berdosa dan keluar dari jalan Tuhan, ada yang karena iblis yang menyerang atau mencobai, tetapi semuanya itu seijin Tuhan, seperti apa yang terjadi terhadap Ayub. Tanpa seijin Tuhan, maka itu tidak akan terjadi. Tetapi, bagaimana kita menghadapi kejadian-kejadian itu, itulah pilihan kita. Maka itu Tuhan Yesus ajarkan bahwa hal-hal itu terjadi agar pekerjaan Tuhan dinyatakan di hidup kita. Bila kita ingin pekerjaan Tuhan dinyatakan di dalam hidup kita, maka kita perlu untuk mencari Tuhan dan bersandar kepada-Nya, apapun yang terjadi. Bila kita memilih untuk meninggalkan Tuhan, maka pekerjaan Tuhan tidak dapat dinyatakan, tetapi jika kita memilih untuk tetap setia dan taat mengikuti dan bersandar kepada Tuhan, maka pekerjaan Tuhan akan dinyatakan di kehidupan kita. Oleh karena itu, bila kita menghadapi suatu kejadian, baik itu hal yang baik atau buruk, biarlah kita mencari Tuhan dan berserah kepada-Nya, meminta bimbingan-Nya agar pekerjaan Tuhan dinyatakan di hidup kita melalui kejadian yang kita hadapi itu.

Jadi, marilah kita bertanya akan apa dosa atau kesalahan kita dengan rendah hati dan maksud untuk bertobat dan juga minta agar pekerjaan Tuhan dinyatakan di kehidupan kita melalui segala kejadian di hidup kita ini. Terpujilah Tuhan, Allah yang Maha Tahu!


English:

Bible Reading: John 9

There are many things that we can learn from the event of the blind man who was healed by Jesus by making clay from His saliva, anointed the eyes of the blind man and told him to go and wash in the pool of Siloam. But let us look closely at one of them today. That is the conversation between the Lord and His disciples before the Lord healed the blind man. When the disciples saw the blind man, they immediately ask about who sinned, that this man was born blind. We also often ask this questions to the Lord, to ourselves or to others. This is a good thing, if we have the right motivation to check ourselves so that we may repent. But if we ask because we want to judge others or to doubt the Lord, then our motivation is not right. So, if there are things that seems to be because of a sin, let us really ask the Lord with a humble heart about what sin have we done that we have not yet realised, so that we may repent from that sin.

But, as Jesus' answer to the disciples, there are times when it is not because of the sin that we did, but because the work of the Lord need to be revealed in our lives. All things that happens in this life, the Lord knows it all and allows it to happen for a purpose, so that the work of the LOrd may be revealed in our lives. It is true that there are things that happens because we sinned and went out of the path of the Lord, there are things that happens because the devil attacks or tempts, but all of that happens only if God allows it to happen, just like what happened to Job. Without the permission from the Lord, then it will not happen. But, how we handle those situations, that's our choice. That is why the Lord Jesus teaches that things happens so that the work of the Lord may be revealed in our lives. If we want the work of the Lord be revealed in our lives, then whatever happens, we need to  seek the Lord and rely on Him. If we choose to leave the Lord, then the work of the Lord will not be revealed in our lives, but if we choose to be faithful and obedient to follow an rely on the Lord, then the work of the Lord will be revealed in our lives. Therefore, if we face a situation may it be good ro bad, let us seek the Lord and surrender to Him, asking for His guidance so that His work may be revealed in our lives through those situations.

So, let us ask of what kind of sin or iniquities that we've done with a humble heart and the motivation to repent and also ask so that the work of the Lord be revealed in our lives through things that happens. Blessed be the Lord, the All-Knowing God!

No comments:

Post a Comment