Tuesday, December 13, 2011

Tuhan Di Tengah-Tengah Kita | The Lord In Our Midst

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Tawarikh 25-26

Jika kita lihat kembali akan jabatan-jabatan yang Tuhan berikan kepada orang Israel dalam melayani Tuhan dan umat-Nya, sungguh Tuhan itu luar biasa. Tuhan memberikan jabatan-jabatan yang mencakup segala yang diperlukan, dari para imam, yang mengurus rumah Tuhan, mengurus perbendaharaan, mengurus pintu gerbang, mengurus roti sajian, ada yang bernyanyi, memainkan musik, bernubuat, menjadi hakim dalam urusan rumah Tuhan dan raja di setiap daerah dan sebagainya. Orang Israel yang tadinya adalah budak dan tidak pernah mengerti akan bagaimana suatu kerajaan seharusnya berjalan, kini menjadi kerajaan yang kokoh dan yang memiliki segalanya dan segalanya berjalan dengan baik karena masing-masing memiliki tugas masing-masing. Bila bukan Tuhan yang mengatur segalanya, apakah mungkin untuk sekumpulan budak dapat menjadi kerajaan yang kokoh, rapih tersusun dan kuat? Satu hal yang penting adalah adanya Tuhan di tengah-tengah mereka, melalui penasihat-penasihat yang berbicara sesuai dengan kehendak Tuhan, nabi-nabi dan pelihat-pelihat yang menyampaikan kehendak Tuhan. Sungguh Tuhan itu luar biasa!

Begitulah seharusnya suatu pemerintahan berjalan, yakni dengan rapi tersusun dan dengan adanya orang-orang yang mencari kehendak Tuhan, memberikan nasihat yang sesuai dengan kehendak Tuhan dan juga para nabi dan pelihat yang menyampaikan kehendak Tuhan kepada kepala pemerintahan dan rakyat. Oleh karena itu, marilah kta berdoa bagi negara di mana kita dilahirkan dan di mana kita tinggal, agar negara itu dapat berjalan sesuai dengan Firman Tuhan. Tetapi ini berlaku bukan hanya untuk negara, tetapi untuk keluarga kita dan gereja juga, yakni untuk adanya Tuhan di tengah-tengah kita dan ada Firman Tuhan yang membimbing. Oleh sebab itu, marilah kita biarkan Tuhan yang bekerja di tengah-tengah kita dan ikuti aturan Tuhan dan bukan aturan kita sendiri.


English:

Bible Reading: 1hronicles 25-26

If we see at the duties that the Lord had given to the Israelites in serving the Lord and His people, truly, the Lord is amazing. The Lord had given them duties that covers all that is needed, from the priests, those who take care of the house, who take care of the treasures, gatekeeper, taking care of the bread in the house of the Lord, those who sings, plays music, prophesy, those who judge with regards to the house of the Lord and the king's matter in every region and etc. Israelites who were slaves and never understood about how a kingdom should work, now has become a strong and established kingdom and had everything and everything is running well because each has its own duties. If it is not the Lord who orders it all, is it possible for slaves to become an established kingdom that is orderly and strong? One important things is the existence of the Lord in their midst, through the counselors who speaks according to the will of God, the prophets and seers who speaks the will of God. Truly the Lord is amazing!

This is how a government should run, that is, orderly, with people who seeks the will of God, giving advice that is according to the will of God and also having prophets and seers who speaks the will of God to the head of the government and to the people. Therefore, let us pray for the country where we were born and where we are now, so that country will be able to walk according to the Word of God. But this is not just for countries, but it is also for our families and churches, that is to have the Lord in our midst and the Word of God that leads us. Therefore, let us let the Lord work in our midst and let us follow His way and not our own way.

No comments:

Post a Comment