Saturday, December 17, 2011

Minta Apa Yang Hendak Tuhan Berikan | Ask What The Lord Wants To Give

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Tawarikh 1-2

Setelah Salomo memberikan persembahan kepada Tuhan, Tuhan menampakkan diri-Nya kepada Salomo dan berkata, "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.". Di sini Tuhan tidak berkata, "Mintalah apapun, maka akan Kuberikan kepadamu.", tetapi Tuhan berkata kepada Salomo untuk meminta apa yang menjadi kehendak Tuhan, atau apa yang Tuhan telah siapkan untuk Salomo. Tetapi bagaimanakah Salomo tahu akan apa yang Tuhan hendak berikan kepadanya? Bila kita perhatikan akan jawaban Salomo kepada Tuhan, kita tahu bahwa Salomo meminta hikmat dan pengetahuan untuk dapat keluar sebagai raja yang memimpin dan menghakimi bangsa Israel. Salomo tahu akan panggilannya dan visi yang Tuhan berikan dan Salomo juga tahu bahwa Tuhan yang telah menunjuk dirinya untuk mengemban tugas itu. Oleh karena itu Salomo juga tahu bahwa bila Tuhan yang menunjuk, maka Tuhan yang akan memperlengkapi, maka dari itu, Salomo meminta akan hikmat dan pengetahuan, yakni hal-hal yang memang dia kurang dan memang dia perlukan untuk dapat menjalani panggilan dan visi Tuhan dalam hidupnya. Salomo tidak meminta apa yang ia inginkan, tetapi apa yang ia perlukan untuk memenuhi panggilan Tuhan.

Inilah yang dapat kita pelajari dari Salomo. Inilah bagaimana Salomo mengetahui apa yang Tuhan hendak berikan kepadanya. Dengan cara yang sama pula kita dapat tahu apa yang Tuhan hendak berikan kepada kita dan dengan begitu kita dapat memintanya kepada Tuhan. Bila kita diberikan suatu tugas untuk menggembalakan domba Tuhan, maka Tuhan pasti sudah menyediakan segalanya yang kita perlukan untuk kita dapat memenuhi tugas itu. Bila kita diberikan tugas untuk menginjil, atau misi ke pelosok dan daerah yang belum terjangkau atau musik atau apapun itu, maka Tuhan telah mempersiapkan apa yang kita perlukan untuk dapat memenuhi tugas itu. Hanya saja, apakah kita sadar bahwa kita memerlukan hal-hal itu, atau kita merasa bahwa kita bisa sehingga kita tidak memintanya dari Tuhan? Dan dengan begitu kita jadi hanya meminta apa yang kita mau dan bukan apa yang kita perlukan. Marilah kita belajar untuk rendah hati, dan melihat apa kekurangan kita dan apa yang kita butuhkan untuk dapat memenuhi panggilan dan visi yang Tuhan telah berikan di dalam hidup kita ini. Karena, dengan begitu, Tuhanlah yang dimuliakan, sebab Ia yang memanggil dan Ia yang memperlengkapi dan yang memimpin sampai tuntas, bila kita taat dan setia kepada-Nya. Jadi, marilah kita minta apa yang kita butuhkan dan bukan apa yang kita mau, guna memenuhi panggilan dan visi Tuhan.



English:

Bible Reading: 2Chronicles 1-2

After Solomon gave offering to the Lord, the Lord appeared to Solomon and said, "Ask what I shall give to you.". Here, the Lord did not say, "Ask anything, and I will give it to you.", but the Lord said to Solomon to ask for what the Lord wanted to give to him, or what the Lord had prepared for Solomon. But how can Solomon knows what the Lord is about to give to him? If we look at Solomon's answer to the Lord, we know that Solomon asked for wisdom and knowledge to be able to come out as a king who is able to rule and judge Israel. Solomon knew of his calling and vision which the Lord had given and Solomon also knew that the Lord had chosen him to bear this duty. Therefore, Solomon also know that if the Lord had chosen him, then the Lord will also equips him, thus Solomon asked for wisdom and knowledge, which are the things that he lacks and he needs to be able to fulfill the calling and vision of the Lord in his life. Solomon did not ask for what he wants, but he ask for what he needs to fulfill the calling of the Lord.

This is what we can learn from Solomon. This is how Solomon knew what the Lord is about to give to him. With the same method, we also know what the Lord is about to give to us and that way, we can asks of it from the Lord. If we are given a duty to shepherd His sheep, then the Lord has prepared everything that we need for us to be able to fulfill that duty. If we are given duty to evangelise, or mission to places that has not been reached, or music or anything, then the Lord has prepared what we need to fulfill that duty. Only it comes back to us, do we realise that we need all these things, or do we feel that we are able that we do not ask from Him? And that way, we do not ask for what we need but for what we want only? Let us learn to be humble, and see what we lack and what we need to be able to fulfill the calling and vision that the Lord had given in our lives. That way, the Lord is glorified, because He calls, He equips and lead until the end, if we stay faithful and obedient to Him. So,let us ask for what we need and not what we want, to fulfill the calling and vision of the Lord.

No comments:

Post a Comment