Thursday, December 8, 2011

Panggilan & Bagian Kita Di Jaman Ini | Our Calling & Part In This Era

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Tawarikh 17-18

Saat kita melihat kembali kepada tanggapan Tuhan terhadap keinginan hati Daud untuk membangun rumah bagi Tuhan, kita dapat melihat bahwa Tuhan suka akan hatinya itu, tetapi itu bukanlah bagiannya Daud. Bagian Daud adalah untuk berperang dan untuk menaklukkan kerajaan-kerajaan di sekitarnya sehingga Israel menjadi kerajaan yang kokoh dan Tuhan dimuliakan. Sedangkan untuk membangun rumah Tuhan dan mengurusinya, itu adalah bagiannya anak Daud, Salomo. Dari sini kita dapat belajar akan 2 hal.

Yang pertama, setiap dari kita ada panggilannya masing-masing, dan tidak semua yang ada di hati kita itu yang Tuhan ingin kita lakukan. Oleh sebab itu, marilah kita belajar seperti Daud yang selalu bertanya kepada Tuhan sendiri dan melalui nabi. Biarlah kita bertanya kepada Tuhan akan apa yang Ia ingin kita lakukan dan naikkan kepada-Nya apa yang kita ingin lakukan untuk-Nya. Dengan begitu, kita tidak membuang waktu dan tenaga kita untuk hal yang bukan untuk kita, tetapi untuk orang lain.

Yang kedua, tiap generasi atau era, ada cara hidupnya masing-masing. Misalnya, pada jaman Saul dan Daud, itu adalah jaman peperangan untuk mengokohkan kerajaan Israel. Sedangkan pada jaman Salomo, itu adalah jamannya tenang, damai dan jamannya membangun relasi dengan kerajaan-kerajaan lainnya. Dan tiap orang yang ada di jaman itu melakukan bagiannya masing-masing dan memiliki cara hidupnya masing-masing. Pada jaman Daud, semuanya berlatih perang dan selalu siap siaga, sedangkan pada jaman Salomo, mereka lebih tenang dan lebih tidak khawatir karena tidak ada musuh yang menyerang mereka. Jadi, apakah jaman yang kita hadapi saat ini? Jika kita tidak tahu jaman apa yang kita hidupi saat ini, maka kita juga tidak tahu akan gaya hidup yang perlu kita hidupi. Dari yang dapat kita lihat, saat ini adalah jaman, di mana tanda-tanda akhir jaman sudah terlihat. Dan kita tahu di akhir jaman ini, inilah saatnya kita umat Tuhan, sebagai mempelai-Nya mempersiapkan diri untuk menyambut Tuhan, tetapi juga saat-saat di mana kita berperang, bukan melawan daging, tetapi melawan roh-roh dan penguasa-penguasa di udara (Efesus 6:12). Oleh sebab itu, marilah kita sadar akan jaman yang kita hidup saat ini dan biarlah kita hidup sesuai dengan jaman ini. Marilah kita hidup untuk mempersiapkan diri kita untuk menyambut Tuhan dan juga hidup selalu dekat dengan Tuhan, dengan Roh Kudus dan selalu siaga sebab peperangan rohani terjadi di mana-mana.

Marilah kita datang kepada Tuhan untuk meminta pimpinan-Nya agar kita dapat mengerti panggilan kita, bagian kita yang Ia ingin kita lakukan di jaman sekarang ini, jaman peperangan rohani dan persiapan mempelai Tuhan. Terpujilah Tuhan Allah yang membukakan rahasia-rahasia surgawi!


English:

Bible Reading: 1Chronicles 17-18

When we look again at the respond of the Lord towards the desire of David to build a house for the Lord, we can see that the Lord loves that heart, but it is not David's part to do. David's part is to got o war and to defeat the kingdoms sot hat Israel becomes an established kingdom and the Lord is glorified. While the part to build the house of the Lord and to take care of it falls to David's son, Solomon. From here, we can learn two things.

Firstly, everyone of us have our own calling and not all that is in our hearts is what the Lord wants us to do. Therefore, let us learn to be like David who always asks the Lord himself and through prophets. Let us ask the Lord of what He wants us to do and lift up to Him the things we want to do for Him. That way, we are not wasting time and resources in doing things that are not our parts but others.

Secondly, every generation or era has its own lifestyle. For example, during the times of Saul and David, it is times of war to establish the kingdom of Israel. While during the time of Solomon, that is the times of peace and to build relation with other kingdoms. And everyone who lives in those era does their part and have their own lifestyle. During the times of David, everyone is trained at war and always ready for war, while during the times of Solomon, they are more relax and less anxious because there are no enemies who are attacking them. So what kind of era do we live in now? If we do not know what kind of era we live in now, then we also do not know what kind of lifestyle we need to adopt. From what we can see, this is the era when the signs of the end times are seen. And we know that in the end times, it is time for the us, the people of God to prepare ourselves as His bride to welcome Him, but also it is a time of war, not against flesh, but it is against the rulers, authorities, powers and the spiritual forces of evil in the heavenly realms (Ephesians 6:12). Therefore, let us realise the era we live in and let us live accordingly. Let us live to prepare ourselves to welcome the Lord and also to live intimately with the Lord and the Holy Spirit and always ready because the spiritual warfare is happening everywhere.

Let us come to the Lord to ask for His guidance so that we would understand our calling and parts what He wants us to do in this era, the era of spiritual warfare and to prepare the bride of the Lord. Blessed be the Lord God who reveal the secrets of heavens!

No comments:

Post a Comment