Friday, December 23, 2011

Anugrah Tuhan | Grace of God

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Tawarikh 7-8

Tuhan mendengar doa Salomo dan Tuhan menjawabnya dengan berjanji kepada Salomo bahwa jika umat Tuhan, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Nya, berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Tuhan akan mendengarkan, mengampuni dan memulihkan negeri mereka. Sungguh luar biasa janji Tuhan ini. Dan janji ini bukan hanya untuk bangsa Israel saja, tetapi janji ini berlaku untuk setiap orang yang mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Inilah anugrah yang Tuhan curahkan kepada umat-Nya, tetapi sayangnya, banyak sekali yang akhirnya menganggap remeh dan menyalah-gunakan anugrah yang Tuhan berikan ini.

Banyak sekali orang yang hanya berpikir bila ia menyesal dari dosanya maka itu cukup, tetapi Tuhan dengan jelas berkata bahwa anugrah pengampunan dan pemulihan ini hanya akan dicurahkan bila kita merendahkan diri kita, berdoa dan mencari Tuhan, dan berbalik dari jalan yang jahat. Bila kita hanya menyesal, maka kita belum merendahkan diri kita di hadapan Tuhan, kita hanyalah sadar bahwa kita telah berdosa dan berbuat salah di hadapan Tuhan. Jadi, mari kita ambil langkah selanjutnya setelah sadar bahwa kita berdosa atau salah, yakni untuk kita merendahkan diri dan mengaku dosa kita di hadapan Tuhan dan bertobat. Untuk kita dapat mengaku kalau kita itu salah dan berdosa, itu memerlukan kerendahan hati dan saat kita melakukan hal itu di hadapan Tuhan, maka kita membuang segala kesombongan, dan tinggi hati yang ada dan kita merendahkan diri kita di hadapan Tuhan, sebagai orang yang berdosa, yang tidak layak. Dan tidak berhenti kepada pengakuan akan dosa saja, kita juga perlu untuk bertobat, yakni untuk berbalik dari jalan yang jahat. Setelah kita minta ampun dari Tuhan, kita juga perlu untuk berjanji dan bertindak untuk tidak lagi melakukan hal yang sama, inilah pertobatan. Inilah yang Tuhan janjikan kepada kita semua, yakni ketika kita merendahkan diri, berdoa, mencari wajah-Nya, dan berbalik dari jalan yang jahat, maka Tuhan akan mendengarkan, mengampuni dan memulihkan.

Jadi, marilah kita tidak berhenti hanya kepada sadar dan menyesal saja, tetapi biarlah kita ambil langkah selanjutnya untuk mengaku dan meminta ampun kepada Tuhan, dan kemudian, bertindak dan tunjukkan secara perbuatan bahwa kita tidak lagi melakukan dosa dan kesalahan yang sama. Hanya dengan kita melakukan semuanya itulah, kita akan melihat anugrah dan kuasa pemulihan Tuhan mengalir di dalam kehidupan kita dan sekitar kita. Terpujilah Tuhan, Allah yang penuh dengan anugrah!


English:

Bible Reading: 2Chronicles 7-8

The Lord heard Solomon's prayer and the Lord answered by promising to Solomon that if the people of the Lord, humble themselves, pray and seek His face, turn from their wicked ways, then the Lord will hear, forgive and restore their land. This promise of the Lord is truly amazing. And this promise is not only for the Israelites, but it is also for all who confess that Jesus Christ is Lord. This is the grace of the Lord that is poured out for His people, but unfortunately, there are many who took it lightly or even taking it for granted.

Many people think that only by regretting his sin, it's enough, but the Lord clearly says that the grace of forgiveness and restoration only will be poured out if we humble ourselves, pray and seek the Lord and turn from our wicked ways. If we only regret, then we have not humble ourselves before the Lord, we only have realised that we have sinned and wronged God. So, let us take the next step after we realise that we have sinned or done the wrong thing, that is for us to humble ourselves and admit our sin before the Lord and repent. FOr us to be able to admit and confess that we are wrong and have sinned, it takes humility and when we do it before the Lord, then we throw away all pride and boastfulness and we are humbling ourselves before the Lord as a sinner who is not worthy. And it doesn't just stop at confession of sin alone, we also need to repent, that is to turn away from our wicked ways. After we have asked for forgiveness from the Lord, we also need to promise and act to not to do the same sin again, this is repentance. This is what the Lord promised us, that if we humble ourselves, pray, seek His face, and turn from our wicked ways, then the Lord will hear, forgive and restore.

So, let us do not stop only at realisation and regret, but let us take the next step to confess and ask for forgiveness before the Lord, and then take action and show that we are no longer sinning. Only when we have done all that, we will see the grace and power of restoration of the Lord flows through our lives and our surroundings. Blessed be the Lord, God who is full of grace!

No comments:

Post a Comment