Friday, December 16, 2011

Peninggalan Yang Berharga | A Precious Legacy

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Tawarikh 29

Kita dapat melihat dari kehidupan Daud, bahwa sampai akhir hidupnya pun, ia  meninggikan Tuhan dan hidup untuk Tuhan. Bukan hanya itu saja, ia bahkan menjadi teladan bagi semua pemimpin di Israel dan rakyat untuk memberikan dengan sukarela kepada Tuhan apa yang memang Tuhan telah berikan kepadanya. Demi pekerjaan rumah Tuhan dan kemuliaan Tuhan, Daud memberikan begitu banyak harta miliknya pribadi untuk Tuhan dan itu diberikannya pula dengan rela hati dan tulus ikhlas. Dan ia juga meninggalkan suatu peninggalan yang luar biasa, yakni sikap hati yang patut diteladani bagi seluruh umat Israel.

Kita juga dapat meneladani dari peninggalan Daud ini. Kita dapat belajar untuk memberikan hidup kita kepada Tuhan, tetapi lebih dari itu, kita juga dapat belajar untuk meninggalkan peninggalan yang juga berharga seperti Daud. Kita dapat belajar untuk tidak memperkaya diri sendiri, tetapi untuk membagikan apa yang Tuhan telah berikan kepada kita, dalam hal materi, kebijaksanaan, hikmat dan pengenalan akan Tuhan. Oleh karena Daud, seluruh Israel juga hidup taat kepada Tuhan, dan biarlah kita juga mau memiliki pengaruh yang Daud milki ini. Marilah kita hidup dekat dengan Tuhan dan dapat mempengaruhi lingkungan kita dan sekitar kita untuk juga dapat mengasihi Tuhan. Biarlah kasih, kesetiaan dan ketaatan kita terpancarkan dari kehidupan kita dan membangun orang-orang di sekitar kita untuk juga mau mengasihi, setia dan taat kepada Tuhan. Biarlah kehidupan kita ini memancarkan Kristus dan memuliakan Tuhan. Biarlah kita juga pada akhirnya nanti meninggalkan peninggalan yang berharga seperti Daud.


English:

Bible Reading: 1Chronicles 29

We can see from the lives of David, that until the end of his life, he lifts the Lord on high and live only for the Lord. Not only that, he also became an example for all the leaders of Israelites and for the people to give with a willing heart for the Lord, what the Lord has given to him. For the works of the house of the Lord and the glory of the Lord, David gave so much of his own treasures and wealth for the Lord and it was given with a loyal heart and a willing mind. And he also left an amazing legacy, that is an attitude that is worthy to be followed for all Israelites.

We also can learn from David's legacy. We can learn to give our lives to the Lord, but more than that, we can also learn to leave a precious legacy like David. We can learn not to enrich ourselves, but to share what the Lord has given to us, in terms of material things, justice, wisdom, and knowing the Lord. Because of David, the whole Israel also lived obediently before the Lord and let us also want to have this kind of influence. Let us live intimately with the Lord and can influence our surroundings to also love the Lord. Let our love, faithfulness, and obedience be reflected in our lives and edify and encourage the people around us to also want to love, be faithful and obedient to the Lord. Let our lives reflect Christ and glorify the Lord. Let us also at the end of our lives, leave a precious legacy like David.

No comments:

Post a Comment