Tuesday, December 20, 2011

Membangun Rumah Tuhan | Building The House Of The Lord

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Tawarikh 3-4

Salomo membangun rumah Tuhan dengan segala bahan yang terbaik dengan para ahli yang terbaik pula. Dari kayu yang dipakai, kain yang dipakai, tembaga dan sampai kepada emas dan lapisan emas yang dipakai untuk rumah Tuhan. Semuanya itu tersusun rapih, teratur dengan rapih dan yang paling baik. Apa yang Salomo lakukan ini dapat kita lakukan juga di dalam kehidupan kita. Firman Tuhan berkata bahwa tubuh kita ini adalah Bait Allah, Rumah Tuhan, maka dari itu, tubuh kita dan kehidupan kita ini juga perlu untuk dipersiapkan, dibentuk, dibangun dengan segala hal yang terbaik untuk kemuliaan Tuhan.

Jadi, bagaimana kita dapat membangun Rumah Tuhan di kehidupan kita dengan yang terbaik? Kita perlu untuk memiliki fondasi yang kuat dan fondasi kita adalah Firman Tuhan yang kemudian bila kita baca, renungkan dan dengarkan akan dapat kita imani dan setelah di imani, bila kita lakukan dan terapkan dengan kuasa Roh Kudus, maka kita akan melihat kuasa Tuhan nyata. Rumah Tuhan juga perlu ada tempat untuk Tabut Perjanjian Allah, yakni tempat kita menyembah Tuhan dengan intim. Rumah Tuhan juga memiliki mezbah untuk persembahan, meja untuk roti sajian dan juga ada lampu dian emas dan semua ini adalah pujian, penyembahan, Firman Tuhan sebagai roti dan Roh Kudus sebagai lampu. Dan tentunya semuanya itu dilapisi oleh emas, yakni hati dan pikiran yang murni dan bersih di hadapan Tuhan.

Jadi, biarlah kita mulai menjaga kehidupan kita, apa yang kita biarkan masuk ke dalam kehidupan kita melalui mata, pikiran, telinga sehingga semuanya itu tidak membuat rumah Tuhan, yakni tubuh kita ini menjadi kotor dan tidak mulia. Seperti apa yang rasul Paulus katakan, kejarlah dan pikirkanlah hal-hal ini: semua yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, kebajikan dan patut dipuji (Filipi 4:8), sehingga nama Tuhan dimuliakan di kehidupan kita.


English:

Bible Reading: 2Chronicles 3-4

Solomon build the house of the Lord with all the best materials with the best workers too. From the wood that was used, the linen, bronze and to the gold and layers of gold for the house of the Lord. All of it are neatly organised and is the best. What Solomon did, we can also do in our lives. The Word of God says that our body is the temple of God, the house of the Lord, therefore, our body and lives also need to be prepared, shaped and built with the best material for the glory of the Lord.

So, how can we build the house of the Lord in our lives with the best things? We need to have a strong foundation and our foundation is the Word of God, wherein when we read, meditate and listen to, we will be able to have faith in it and if we do it and apply it with the power of the Holy SPirit, then we will see the power of God be revealed. The house of the Lord also need to have a place of the Ark of the Lord, that is a place where we worship the Lord intimately. The house of the Lord also has altar, table for bread and also lamps and all of these are our praise, worship, Word of God as bread and Holy Spirit as the lamp. And of course all of it will need to be layered with gold, that is our hearts and minds that are pure and clean before the Lord.

So, let us start taking care of our lives, what we allow to enter our lives through our eyes, minds, and ears so that what enters does not make the house of the Lord, that is our body, to become unclean and unpure. Just as apostle Paul says, pursue and think of these things: all that is true, noble, just, pure, lovely, good report, anything that is of virtue and praiseworthy (Philippians 4:8), so the name of the Lord may be glorified in our lives.

No comments:

Post a Comment