Sunday, December 4, 2011

Perkenanan | Favour

Indo:

Pembacaan Alkitab: 1Tawarikh 11-12

Bila kita melihat akan bagaimana banyak orang yang pelan-pelan mulai datang kepada Daud dan mendukung dia dalam segala hal, kita dapat lihat bagaimana Tuhan menyertai Daud. Tuhan mengirimkan orang-orang yang gagah perkasa untuk menjadi bagian dari pasukan Daud dan itu membuat Daud makin berkuasa dan makin besar pengaruhnya. Dan bila kita perhatikan, Daud makin lama, makin besar dan Tuhan membawa Daud untuk naik pelan-pelan sehingga Daudpun selalu ingat bahwa hanya karena Tuhanlah ia dapat melakukan semua ini. Kita tahu bahwa Daud dikatakan sebagai orang yang berkenan di hati Tuhan, tetapi apakah hanya kekuasaan yang dia dapat? Tidak, yang Daud dapat bukan hanya kekuasaan, tetapi yang ia dapati adalah perkenanan Tuhan dan manusia atas dirinya, sehingga Tuhan dan manusia memihak dia, mendukung dan membantu dia.

Hal ini jugalah yang Tuhan janjikan bila kita setia terhadap-Nya. Bila kita setia dan penuh dengan kasih, maka perkenanan Tuhan dan manusia akan ada bersama kita (Amsal 3:3-4). Inilah salah satu kunci dari kehidupan Daud. Oleh sebab itu marilah kita berlaku setia dan penuh dengan kasih di manapun kita berada dan dalam situasi apapun. Agar kita memancarkan kasih Tuhan dan melakukannya sehingga perkenanan Tuhan dan manusia ada atas hidup kita.


English:

Bible Reading: 1Chronicles 11-12

If we look at how many people starts to come to David and supports him in all things, we can see how the Lord is with him. The Lord sent mighty men to be part of David's army and that made David to be more powerful and have greater influence. And if we look carefully, David is becoming greater and the Lord is bringing David to go up slowly so that David will always remember that it is only because of the Lord that he is able. We know that David is said to be a man after God's own heart, but is power the only thing he received? No, David did not only receive power, but what he received is the favour of God and men upon himself, that the Lord and men take sides with him, supports and helps him.

This is what the Lord promises to us to if we are faithful to Him. If we are faithful and full of love, then the favour of God and men will be upon us (Proverbs 3:3-4). This is one of the keys of life of David. Therefore, let us act faithfully and full of love where ever we are and in what ever situation. So that we would reflect the love of God and act on it, that the favour of God and men will be upon us.

No comments:

Post a Comment