Thursday, December 29, 2011

Saling Membangun | Encouraging Each Other

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Tawarikh 15-16

Dari pembacaan ini, kita dapat lihat bahwa Asa mendapatkan keyakinan dan kekuatan karena perkataan Azarya kepadanya yang menguatkan Asa. Karena perkataan Azarya yang membangun iman dan rohani Asa, Asa menjadi berani untuk membuang segala dewa-dewa kejijikan. Asa mengetahui bahwa ia harus membuang segala dewa-dewa dan berhala yang ada, tetapi ia perlu untuk sedikit didorong dan didukung. Dan Azarya dengan perkataannya yang berdasarkan Firman Tuhan dan kebenaran, mendorong dan mendukung serta menguatkan hati Asa untuk melakukan yang benar dan sesuai dengan Firman Tuhan.

Seringkali kita mungkin mengalami hal yang sama dengan Asa. Mungkin kita sebenarnya tahu akan kebenaran Firman Tuhan dan tahu apa yang perlu dilakukan, baik itu membuang berhala, berlaku jujur dalam berbisnis dan sebagainya. Dan yang kita butuhkab hanyalah sebuah dorongan yang mendukung kebenaran Firman Tuhan dan juga yang menguatkan hati kita. Dan seringkali pula kita mendapatkan kekuatan dan dorongan itu melalui saudara seiman kita atau juga melalui khotbah atau pengajaran Alkitab. Oleh karena itu marilah kita sendiri juga belajar untuk memperkatakan kebenaran Forman Tuhan dan saling membangun satu dan yang lain dengan perkataan kebenaran Firman Tuhan. Siapa tahu orang yang mendengarkan perkataan kita yang membangun rohani dan iman itu memang sedang memerlukan sedikit dorongan untuk melakukan Firman Tuhan. Sama seperti kita yang kadang membutuhkan dorongan itu, biarlah kita juga berikan dorongan itu kepada saudara-saudara seiman kita. marilah kita saling membangun di dalam Kristus dengan perkataan-perkataan kebenaran Firman Tuhan.


English:

Bible Reading: 2Chronicles 15-16

From this reading, we can see that Asa received assurance and strength because of the words of Azariah which encourages him. Because of the words of Azariah which builds faith and spirituality of Asa, Asa became bold enough to throw away all the idols. Asa knew that he had to throw away all the idols, but he just need that extra push and encouragement. And words of Azariah which is based on the Word of God and the truth, encourages, supports and strengthens Asa to do what is right and according to the Word of God.

Many times we may experience the same thing as Asa. Maybe we know of the truth of the Word of God and know what needs to be done, may it be throwing idols away, being honest in business and others. And what we need is just a push, an encouragement which supports the Word of God and also strengthens us. And many times we received that strength and encouragement from our brethren in Christ or from sermons or Bible study. Therefore, let us also learn to speak the truth and the Word of God. Who knows, maybe the person hearing it is in need of that push and encouragement to do the Word of God. Just like us who sometimes need that encouragement, let us also give encouragements to our brethren in Christ. Let us build and encourage one another with words of truth and Word of God.

Blessings,

Maruli Saputra

No comments:

Post a Comment