Wednesday, December 21, 2011

Berdoa Syafaat | Intercessing

Indo:

Pembacaan Alkitab: 2Tawarikh 5-6

Setelah Salomo selesai membangun rumah Tuhan, maka ia pun memanggil seluruh umat Israel, mempersembahkan korban, memuji Tuhan dan menyuruh para imam untuk memindahkan tabut ke dalam ruang maha kudus di dalam rumah Tuhan. Dan Tuhanpun hadir memenuhi tempat itu dengan kemuliaan-Nya. Dan di sini, Salomo memanjatkan doa kepada Tuhan mengenai Israel dan rumah Tuhan ini. Doa yang Salomo panjatkan ini bisa dikatakan sebagai doa syafaat bagi umat Israel. Doa ini mencakup segala macam situasi yang mungkin terjadi di bangsa Israel dari sakit penyakit, kelaparan, kalah perang, menjadi tawanan, tidak ada hujan, bersalah kepada teman, dan segala hal lainnya yang disebabkan oleh dosa dan termasuk juga orang-orang asing yang memanjatkan doa kepada Tuhan di rumah Tuhan, Salomo benar-benar berdoa di hadapan Tuhan dan Israel agar semua menjadi saksi dan agar nama Tuhan dimuliakan di tengah-tengah Israel. Dan apa yang Salomo lakukan ini patut kita ikuti, yakni berdoa syafaat untuk bangsa kita, untuk umat Tuhan dan mereka yang ingin mencari Tuhan.

Apa yang Salomo lakukan sangatlah baik, terutama sebagai pemimpin, ia memberikan teladan yang baik kepada umat Israel. Kitapun sudah selayaknya juga berdoa syafaat bagi orang-orang yang Tuhan percayakan kepada kita. Mungkin itu di gereja, di persekutuan, teman-teman di sekitar kita atau teman sekantor. Yang pasti Tuhan telah taruh dan percayakan kepada kita adalah keluarga kita, orang tua, anak, kakak, adik, sanak saudara kita semua. Apakah kita berdoa syafaat bagi mereka? Mungkin masih banyak dari mereka yang belum mengenal Tuhan, atau mungkin juga mereka sudah mengenal Tuhan. Apapun hubungan mereka dengan Tuhan, kita tetap selayaknya berdoa syafaat bagi mereka, seperti Salomo berdoa bagi bangsanya. Terutama jika kita adalah kepala atau pemimpin, karena berkat itu turun dari Tuhan kepada para pemimpin yang diurapi dan kepada umat-Nya yang dipimpin. Oleh sebab itu, marilah kita berdoa syafaat bagi keluarga kita, secara jasmani, ataupun rohani, bagi lingkungan kita, bagi bangsa kita dan bagi dunia agar nama Tuhan dimuliakan.


English:


Bible Reading: 2Chronicles 5-6

After Solomon finished building the house of the Lord, he called all Israelites, offered sacrifices, praised the Lord and told the priests to move the ark of covenant to the most holy place in the house of the Lord. And the Lord was present and He filled that place with His glory. And here, Solomon lift up a prayer to the Lord about Israelites and the house of the Lord. The prayer that Solomon lifted can be said as an intercessory prayer for the Israelites. This prayer covers all kinds of situations that might happen to Israel from things such as sicknesses, hunger, losing war, becoming captives, no rain, doing wrong towards neighbour, and all other things that is caused by sin and also includes strangers or foreigners who lifts up prayer to the Lord in the house of the Lord. Solomon really prayed before the Lord and Israelites so that all may become witnesses and that the name of the Lord may be glorified in the midst of Israel. And what Solomon had done is worthy for us to follow, that is to intercedes for our nation, for the people of the Lord and for those who wants to seek the Lord.

What Solomon did was good, especially as a leader, he gave a good example to follow for the Israelites. We also should intercede for the people that the Lord had entrusted to us. Maybe its from the church, a fellowship, our friends or colleagues. What the Lord has surely entrusted us with are our families, our parents, children, siblings, and all our families. Do we intercede for them? Maybe there are still many of them who has not yet known the Lord or maybe they do. Whatever their relationship with the Lord is, we still should intercede for them, just like Solomon intercede for his nation. Especially if we are the head or the leader, because blessings comes down from the Lord to the anointed leaders and to those who are led. Therefore, let us intercede for our family, biologically and spiritually, for our surroundings, our nations and the world so that the name of the Lord may be glorified.

No comments:

Post a Comment