Saturday, April 30, 2011

Harta

Pembacaan Alkitab: Keluaran 22

Tuhan memberikan peraturan-peraturan kepada bangsa Israel agar mereka dapat hidup benar dan kudus di hadapan Allah. Terlebih lagi, Tuhan memberikan peraturan-peraturan terhadap hal-hal yang bersangkutan dengan harta masing-masing. Pada jaman itu banyak dari bangsa Israel adalah gembala atau yang bekerja di ladang dan harta mereka ialah ternak atau hasil di ladang mereka. Sedangkan di jaman kita ini, banyak dari kita melihat uang sebagai harta kita. Tuhan tahu bahwa jika soal harta, manusia sangat perduli bila ia dirugikan, oleh sebab itu Tuhan memberikan peratura-peraturan agar keadilan terjadi di antara bangsa Israel.

Kita dapat melihat bahwa Tuhan mengerti jelas akan sifat manusia terhadap hal-hal yang bersangkutan dengan harta milik masing-masing. Oleh sebab itu Tuhan berikan peraturan-peraturan ini. Bukan hanya itu saja, tetapi juga peraturan-peraturan ini di berikan agar mereka hidup kudus di hadapan Tuhan, hidup dalam kebenaran, keadilan dan bukan dalam keserakahan atau iri hati yang mengingini milik orang lain.

Dan begitu juga perlu kita pelajari dari ini semua. Peraturan-peraturan itu mungkin tidak berlaku untuk kita di manapun kita berada, tetapi yang tetap berlaku adalah bahwa Tuhan tidak suka bila kita berlaku tidak benar atau tidak adil. Ia tidak suka bila kita mengingini milik orang lain dan berbuat curang. Oleh sebab itu, dalam hal-hal yang bersangkutan dengan uang, janganlah kita menjadi lupa diri. Tetapi biarlah kita tetap hidup dalam kebenaran Tuhan. Janganlah kita serakah atau menginginkan harta orang lain. Bukankah Tuhan adalah Allah yang menyediakan dan mencukupkan kita? Bila kita jadi serakah dan menginginkan milik orang lain, bukan hanya kita tidak percaya kepada kuasa Tuhan untuk memelihara kita, tetapi juga kita tidak lagi menaruh Tuhan sebagai prioritas no. 1 di dalam hidup kita.

Oleh sebab itu, marilah kita buang segala hasrat kita akan uang, sebab uang dan harta bukanlah segalanya, tetapi itu hanyalah salah satu sarana yang Tuhan sediakan agar kita dapat hidup di dunia ini. Yang terpenting tetaplah Tuhan Yesus Kristus.

No comments:

Post a Comment