Friday, April 15, 2011

Berimanlah!

Pembacaan Alkitab: Matius 14

Pernahkah kita dalam kehidupan kita ini meminta kepada Tuhan mampukan kita melakukan sesuatu? Pernahkah kita, setelah diberikan pada kita kemampuan itu, ketika kita melangkah dan melakukan hal dengan kemampuan itu, kita menjadi takut dan akhirnya tidak menyelesaikannya dan sia-sialah kemampuan yang Tuhan telah berikan.

Itulah yang dialami oleh Petrus. Ia meminta kepada Tuhan untuk memampukan dia berjalan di atas air untuk datang kepada Yesus. Langkah pertama yang ia ambil sukses sebab ia percaya kepada Yesus yang berkata padanya, "Datanglah!", Tetapi karena imannya yang kurang percaya kepada kuasa Tuhan, ketika ia merasakan tiupan angin ia menjadi takut dan hilanglah kemampuan itu.

Seringkali saat kita melihat orang-orang percaya melakukan mujijat atau saat membaca akan ha-hal dashayt yang dilakukan oleh orang-orang percaya di Alkitab, kita juga ingin melakukan hal yang sama. Lalu kita berdoa kepada Tuhan agar kita juga dapat melakukan hal yang sama, bahkan lebih besar lagi. Tetapi seringkali juga, iman kita kurang kuat di dalam Tuhan sehingga saat kita mulai melakukan mujijat Tuhan, dan mungkin melihat ketidak-mungkinannya secara manusia, maka kita menjadi kurang percaya, iman kita menjadi kecil lagi dan hilanglah kemampuan itu. Misalnya, bila kita menginginkan untuk dapat menyembuhkan orang, mungkin pada awalnya kita dapat berdoa bagi yang sakit batuk pilek dan ia sembuh. Tetapi ketika kita melihat lagi bahwa ada juga yang sakit kanker atau tumor, kita mulai takut karena ini penyakit yang jauh lebih bahaya. Dan melihat hal itu, iman kita kadang menjadi kecil.

Tetapi marilah kita sadari bahwa apapun itu, Tuhan kita jauh lebih besar dan Ia dapat memampukan kita. Kita hanya perlu untuk benar-benar percaya dan beriman kepada-Nya. Janganlah kita biarkan hal-hal yang di dunia ini menakutkan kita dan membuat iman kita menjadi kecil, sebab bagi Allah dan bagi mereka yang percaya kepada-Nya tidak ada hal yang mustahil. Maka dari itu, marilah kita terus latih iman kita dan pantang menyerah!

No comments:

Post a Comment