Thursday, April 28, 2011

Takut Akan Tuhan

Pembacaan Alkitab: Keluaran 19-20

Dalam 2 pasal ini, inilah pertama kalinya Tuhan menunjukkan diri-Nya kepada seluruh bangsa Israel. Tuhan datang dalam embun yang kelam, dengan kilat dan guntur sehingga bangsa Israel menjadi takut dan tidak berani mendekat. Israel merasakan betapa kudusnya Tuhan, betapa kuasanya Tuhan sehingga mereka tidak berani untuk dekat-dekat agar mereka tidak mati.

Yang menarik dari kejadian ini adalah bahwa Tuhan melakukan semua ini agar Israel mengenal apa itu takut akan Tuhan. Tuhan menaruh takut akan Tuhan atas bangsa Israel agar mereka tidak berdosa. Tetapi sayangnya bila kita lihat kehidupan bangsa Israel, mereka tidak ada persekutuan yang erat setiap hari dengan Tuhan sehingga mereka tidak ada takut akan Tuhan setiap hari. Mereka hanya merasakan takut akan Tuhan jika Tuhan datang.

Tetapi kita hidup di jaman yang berbeda dan karena pengorbanan Tuhan Yesus Kristus, kita tidak lagi perlu untuk naik ke gunung atau mempersembahkan korban untuk dapat menemui Tuhan. Hanya melalui Yesus sajalah kita dapat memiliki hubungan dan persekutuan dengan Tuhan. Dan yang kita perlu adalah untuk hidup setiap hari penuh dengan takut akan Tuhan. Agar kita tidak berdosa di hadapan Tuhan. Bila kita mengalami Tuhan seperti Israel mengalami Tuhan, maka kita akan ada rasa takut akan Tuhan, tetapi karena kita dapat bersekutu dengan-Nya setiap hari, maka kita akan dapat hidup dengan rasa takut akan Tuhan setiap hari agar ktia tidak berbuat dosa. Tetapi ingatlah rasa takut ini bukanlah rasa takut yang membuat kita tidak dapat berkomunikasi dengan-Nya, tetapi adalah rasa takut karena mengenal kuasa dan kekudusan-Nya, sehingga kita tidak akan berani lagi berbuat dosa.

Jadi, marilah kita bersekutu dengan Tuhan setiap hari dan biarlah kita minta kepada Tuhan agar kita memiliki rasa takut akan Tuhan dalam hidup kita.

No comments:

Post a Comment