Tuesday, April 5, 2011

Marilah Datang Kepada Tuhan

Pembacaan Alkitab: Matius 11

Yesus memperingati kita seperti Ia memperingati kota-kota yang belum bertobat. Walaupun kita telah melihat mujizat terjadi, seringkali kita masih saja tidak percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Seringkali kita masih saja mengandalkan kekuatan kita sendiri dan tidak bergantung kepada Tuhan. Sedangkan yang Tuhan inginkan adalah untuk kita mengenal-Nya lebih dalam lagi, untuk kita lebih beriman dan percaya kepada-Nya. Oleh sebab itulah Yesus menegur, agar kita bertobat dan percaya penuh kepada-Nya.

Yesus tidak hanya menegur, tetapi seperti yang sudah-sudah dilakukan-Nya, Ia memberikan jalan keluar kepada kita semua. Yesus ajarkan bahwa tidak ada yang mengenal Bapa selain daripada Anak dan orang yang kepadanya Ia berkenan untuk menyatakannya. Jadi kita tidak akan dapat mengenal Tuhan kita tanpa Tuhan sendiri yang menyatakan diri-Nya kepada kita.

Jadi apakah yang dapat kita lakukan agar Tuhan menyatakan diri-Nya kepada kita? Apakah itu melakukan segala pekerjaan baik? Apakah itu menyumbangkan banyak dana dan tenaga? Apakah itu ke gereja setiap minggu? Hal-hal ini tentu baik untuk kita lakukan sebagai teladan, tetapi yang Tuhan lebih rindukan adalah agar kita datang kepada-Nya.

Oleh sebab itu, Yesus katakan, "Marilah kepada-Ku semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rencdah hati dan jiwamu akan mendapatkan ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Tuhan tahu bahwa banyak dari kita yang mencoba mengenal Tuhan dengan cara kita sendiri, dengan cara-cara yang kita sebutkan di atas tadi dan mungkin cara-cara yang lain. Tetapi hanya satu kunci bagaimana kita dapat mengenal Tuhan lebih dalam lagi, yaitu untuk kita datang kepada-Nya dan belajar daripada-Nya. Ketika kita mencari-Nya, Tuhan akan memberikan pada kita kuk yang memang milik kita, yang dapat kita tanggung, yang dapat membawa kita kepada kesempurnaan di dalam-Nya.

Oleh karena itu, marilah kita datang kepada Tuhan setiap hari, untuk mengenal Dia, belajar daripada-Nya dan memikul kuk yang Ia telah siapkan bagi kita.

No comments:

Post a Comment