Wednesday, April 6, 2011

Pembentukan Hidup

Pembacaan Alkitab: Kejadian 41-42

Ketika kita melihat kisah Yusuf, maka kita melihat bagaimana naik dan turunnya ia di dalam kehidupannya. Yusuf tadinya berada di tempat yang tinggi karena ia anak kesayangan, tetepi kemudian ia turun ke tempat yang paling rendah dan dijual menjadi budak. Lalu ia di angkat menjadi orang- kedua di rumah Potifar, tetapi kemudian ia diturunkan lagi menjadi tahanan di dalam penjara. Dan akhirnya ia di tinggikan melebihi hal-hal yang sebelumnya, ia di tinggikan menjadi tangan kanan dan orang-kedua di seluruh Mesir. Sungguh luar biasa Tuhan kita itu. Ia membawa Yusuf melalui lembah dan gunung selama bertahun-tahun sebelum mimpi yang diberikan kepada Yusuf terjadi. Selama 13 tahun Yusuf melewati naik dan turun dan setelah itu tambah 7 tahun lagi sebelum Yusuf melihat mimpi yang Tuhan berikan terjadi atas hidupnya.

Sesungguhnya, hal yang sama mungkin kita alami dalam kehidupan kita dalam Kristus. Sebab kita masih perlu terus dibentuk dan diubah sehingga kita menjadi seperti yang Ia telah tetapkan. Mungkin kita mengalami naik turunnya hidup, bisa jadi dari kita yang begitu sukses dan luar biasa kekayaannya sehingga menjadi orang yang kehilangan segalanya. Atau mungkin tidak separah itu, tetapi kita semua mengalami perubahan, pembentukan yang Tuhan siapkan bagi kita. Dan jika kita melihat kepada akhirnya, di mana kita dapat bersama-sama dengan Tuhan melakukan apa yang telah direncanakan-Nya, maka semua penderitaan, pembentukan, dan perubahan yang kita alami tidak ada apa-apanya.

Oleh sebab itu, marilah kita mengucap syukur senantiasa, percaya dan beriman bahwa Tuhan yang sedang membentuk kita akan membawa kita kepada tanah perjanjian kita dan akan membawa ktia sampai garis akhir. Dan marilah kita taat dan setia sampai akhirnya. Mintalah pimpinan Roh Kudus dan kekuatan dari-Nya untuk melewati segala perubahan dan pembentukan dalam hidup kita.

No comments:

Post a Comment