Monday, April 25, 2011

Berdoa Dan Berpuasa

Pembacaan Alkitab: Matius 17

Kita tahu bahwa Israel sering berdoa dan berpuasa dan Tuhan Yesus sendiripun melakukannya. Bukan hanya dilakukan-Nya saat sebelum Yesus memulai pelayanan-Nya, tetapi juga sebelum Ia memilih ke-dua belas murid-Nya. Kita tahu bahwa dengan berdoa dan berpuasa kita mematikan kedagingan kita dan kita mencari Tuhan. Dan dari sanalah kita menjadi lebih dekat kepada Tuhan, mendapatkan pewahyuan, rencana Tuhan dan sebagainya. Tetapi Yesus juga ajarkan pada kita bahwa dari berdoa dan berpuasa jugalah kita mendapatkan kuasa Tuhan. Sebab ketika murid-murid Yesus tidak dapat mengusir setan, Tuhan menjawab bahwa tipe yang itu tidak dapat diusir tanpa berdoa dan berpuasa.

Jadi, ketika kitaq berdoa dan berpuasa, bukanlah hanya untuk mendapatkan jawaban akan apa yang kita pertanyakan, tetapi itu adalah suatu sarana untuk kita lebih lagi mengenal Tuhan kita, mendapatkan pewahyuan dan rencana Tuhan atas hidup kita dan juga untuk kita mendapatkan kuasa untuk dapat melaksanakan rencana dan kehendak-Nya.

Maka dari itu, janganlah kita anggap enteng berdoa dan berpuasa, terlebih lagi, janganlah kta hanya berdoa dan berpuasa ketika kita hanya ingin mencari jawaban atas masalah kita. Tetapi biarlah kita berdoa dan berpuasa untuk makin dekat dengan Tuhan, mengerti rencana-Nya dan diperlengkapi untuk melaksanakannya.

No comments:

Post a Comment