Saturday, April 9, 2011

Tuhan Tahu

Pembacaan Alkitab: Kejadian 45-46

Dalam kisah Yusuf dan saudara-saudaranya, kita dapat melihat bahwa apa yang direncanakan Tuhan sejak awal telah terjadi. Melalui Yusuf, keluarganya dapat selamat dari kelaparan yang terjadi selama 7 tahun. Apa yang dilalui oleh Yusuf selama hidupnya tidak lagi di ingatnya sebagai suatu kepahitan dalam hidupnya sebab ia mengerti bahwa segalanya itu adalah rencana Tuhan untuk membawa keselamatan seluruh Israel.

Dari sini kita dapat belajar bahwa Tuhan tidak membiarkan kita melewati hal-hal di hidup kita tanpa sebab. Segala yang kita lewati, segala yang kita alami, Tuhan tahu dan ijinkan. Mungkin  pada awalnya terlihat tidak adil, karena apa yang harus kita lewati, tetapi bila kita terus setia dan taat kepada Tuhan sampai pada akhirnya, maka kita akan melihat kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam hidup kita.

Lihat saja kehidupan Yusuf, dia di benci oleh saudaranya, hampir di bunuh, di jual sebagai budak, dilecehkan dan dipenjara karena kebenaran. Bukankah ini semua tidak adil bagi Yusuf? Tetapi Yusuf tidak fokus kepada apa yang dialaminya, tetapi fokusnya tetap kepada Tuhan dan ia tetap hidup bersama dengan Tuhan. Dan ia dapat melewati semuanya itu sampai apa yang Tuhan rencanakan bagi hidupnya dan keluarganya terjadi.

Oleh sebab itu, marilah kita juga belajar dari Yusuf, untuk tidak fokus kepada masalah dan hal-hal yang kita alami. Seberapa buruknya keadaan kita, apa yang kita lewati, janganlah kita menjadi putus asa dan menjadi berhenti mencari Tuhan, tetapi kuatkan dan teguhkanlah iman kita dan ketahuilah bahwa Tuhan tahu akan apa yang terjadi di kehidupan kita dan Ia membiarkannya itu terjadi untuk kemuliaan yang jauh lebih besar pada akhirnya. Maka dari itu marilah kita terus taat dan setia, tanpa goyah terus hidup dengan iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

No comments:

Post a Comment