Saturday, February 11, 2012

Takut Akan Tuhan | Fear Of The Lord

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ayub 1

Ayub sungguh adalah seorang yang takut akan Allah. Ia memiliki segalanya dan bisa dikatakan bahwa ia sangatlah sukses. Tetapi ketika semua yang ia miliki hilang salam sekejap, Ayub tidak menyalahkan Tuhan, tidak mempertanyakan Tuhan dan tidak memaki-maki Tuhan, tetapi ia menyembah Tuhan. Bila bukan karena rasa takut akan Tuhan dan bila bukan karena kepercayaan dan imannya kepada Tuhan, Ayub tentu tidak akan bertindak demikian ketika ia kehilangan segalanya. Karena ia tahu bahwa Tuhan itu Pencipta dan yang memberikan segalanya bagi dia, Ayub tidak menyalahkan Tuhan. Karena ia tahu bahwa Tuhan yang pegang kendali kehidupannya, Ayub tidak mengutuki Tuhan. Sungguh, Ayub adalah orang yang takut akan Tuhan.

Bagaimana dengan kita? Bayangkan bila tiba-tiba, kita mendapat kabar bahwa rumah kita kebakaran sehingga seluruh isinya habis terbakar, lalu kita mendapat kabar bahwa bank di mana kita menyimpan uang dan harta kita di rampok atau tiba-tiba bangkrut. Kemudian bisnis kita hancur dan bangkrut atau kita dipecat dari pekerjaan kita. Lalu kita juga mendapatkan kabar bahwa keluarga kita terkena kecelakaan dan semuanya meninggal. Mendengar semua kabar itu, apakah yang akan menjadi reaksi kita? Kita pasti langsung menangis, berduka dan kemudian bertanya-tanya kepada Tuhan akan mengapa semua itu terjadi atas hidup kita. Kita juga mungkin menyalahkan Tuhan. Atau kita dapat berkata bahwa kita selalu hidup mengikuti jalan Tuhan, tetapi mengapa Tuhan tidak adil kepada kita. Bukankah semua tiu yang akan menjadi reaksi kita ketika apa yang menimpa Ayub menimpa kita juga? Hanya dengan memiliki rasa takut akan Tuhan, iman dan kepercayaan yang mutlak kepada Tuhan, kita dapat seperti Ayub yang tidak menyalahkan Tuhan, tetapi justru menyembah Tuhan. Sebab apapun yang terjadi, Tuhan bekerja untuk kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia. Mungkin kita masih belum dapat memiliki reaksi seperti Ayub. Tetapi bukankah banyak hal di hidup kita yang melatih kita untuk makin beriman dan percaya kepada Tuhan dan makin memiliki rasa takut akan Tuhan sehingga kita dapat mengucap syukur dan menyembah Tuhan dalam segala hal? Marilah kita hidup dengan rasa takut akan Tuhan, tahu bahwa Tuhan yang empunya, Ia yang pegang kendali dan Ia yang memiliki hak atas segala milik dan nyawa kita. Dengan begitu, kita tidak akan menyalahkan Tuhan ketika kita mengalami musibah, tetapi kita dapat mengucap syukur karena memang itu milik Tuhan dan haknya Tuhan. Hiduplah penuh dengan rasa takut akan Tuhan, penuh dengan iman dan percaya kepada Tuhan.


English:

Bible Reading: Job 1

Job truly is a man who fears the Lord. He had everything and it can be said that he is very successful. But when everything that he had gone in a flash, Job did not blame God, did not questioned God and did not curse God, but he worshiped the Lord. If it weren't for the fear of God, his believe and faith in the Lord, Job would not be able to act that way when he lost everything. Because he knows that the Lord is the Creator and the One who gave everything for him, Job did not blame God. Because he knows that the Lord is the one who holds the steer to his life, Job did not curse God. Truly, Job is a man who fears God.

What about us? Imagine if suddenly we received news that our house was on fire and everything was gone, then we received news that the bank where we store our money and treasures were robbed or went bankrupt. Then our business went downhill and bakrupt or we were fired from our job. We also received another news that our family was in an accident and all died. Hearing all that at once, what would be our reaction? We would definitely cry, mourn and then questions God as to why those things happened to us. We may also blame God. Or we may also said that we've been faithful in following His path, but why si the Lord being unfair to use. Wouldn't all that be our reaction when we experience what Job experienced? Only by having an absolut fear of the LOrd, faith and believe in the Lord, we'll be able to be like Job who did not blame God but worshiped God instead. Because, whatever happens, the Lord works for the good of those who loves Him. Maybe we do not yet have the reaction as Job did. But don'w we have a lot of things in our lives which are training us to have more faith, believe more in the Lord and to have the fear of the Lord so that we would give thanks and worship the Lord in all things? Let us live with the fear of God, knowing that the Lord is the One who has it all, He holds the steer and He have every right to all that we have and our lives. That way, we would not blame God when we face a disaster, but we will be able to give thanks because it belongs to the Lord and it is His rights. Live with the fear of God, full of faith and believe in the Lord.

No comments:

Post a Comment