Friday, February 24, 2012

Harapan Di Dalam Tuhan | Hope In The Lord

Indo

Pembacaan Alkitab: Ayub 17-18

Ayub merasa putus asa tetapi ia tidak putus harapan dan tidak mengharapkan kematian. Ayub berkata bahwa jika ia mengharapkan kematian atau hanya tinggal menunggu ajalnya tiba, maka ia tidak memiliki harapan. Mungkin dari kita banyak yang menghadapi tantangan dan menemui jalan buntu di kehidupan kita. Mungkin bisnis kita tidak berjalan dengna baik sehingga banyak hutang dan bahkan bangkrut dengan hutang yang masih harus dibayar. Atau mungkin juga hidup kita penuh dengan tekanan dari orang-orang disekitar kita yang membuat kita merasa terkukung dan harus memenuhi harapan mereka. Banyak hal yang dapat membuat kita putus asa dan putus harapan di dunia ini. Dan banyak juga yang akhirnya mengharapkan bahwa kematian jauh lebih baik daripada yang sedang kita hadapi. Apakah kita pernah berpikir demikian? Apakah kita pernah berpikir bahwa kematian adalah jalan keluar dari segala yang kita hadapi? Marilah kita berhenti sejenak dan lihatlah Ayub.

Ayub dengan segala kesusahan, penderitaan dan sengsara yang ia alami, ia memang merasa bahwa ia tidak berdaya dan sudah hilang semangatnya, tetapi ia tidak melepaskan harapan. Sebab di dalam Tuhan selalu ada harapan, dalam hal apapun yang kita alami. Mungkin di mata kita, apa yang kita alami itu sangatlah buruk dan sudah tidak ada jalan keluar lagi, tetapi di dalam Tuhan masih ada harapan. Hanya saja, kita perlu untuk percaya dan terus berharap dan beriman kepada Tuhan Yesus Krsitus. Seperti Rasul Paulus yang berkata bahwa Tuhan Yesuslah pengharapan kita dan memang karena Tuhanlah kita memiliki harapan di dalam hidup ini (1Petrus 1:3-7). 1Petrus 1:3-7 juga mengatakan bahwa cobaan yang kita alami adalah untuk memurnikan iman kita kepada Tuhan. Oleh karena itu, janganlah kita putus harapan, tetapi tetaplah dengan setia dan dengan terus beriman, berharap kepada Tuhan Yesus Kristus yang bekerja untuk kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.


English

Bible Reading: Job 17-18

Job felt that he has lost all means of life but he did not lose hope and did not hope for death. Job said that if he hoped for death or just waiting for his end, then he has no hope. Maybe many of us are facing difficult trials and are facing a dead end in our lives. Maybe our business is not doing well that we have a big loan to pay off and even went bankrupt with still loans to pay off. Or maybe our lives are full of pressure from people around us that makes us feel suppressed and have to fulfill their hopes and expectations. Many things that can make us lose hope in this world. And many too that think death is far better than what we are facing right now. Have we ever thought of that? Have we ever thought that death is the way out from all we are facing? Let us stop for a while and look at Job.

Job with all his sufferings, though he felt that he has lost all means of life, but he did not lose hope. Because in the Lord there is always hope in everything that we face. Maybe in our eyes what we face is the worst and that there is no way out, but int he Lord, there is still hope. We only have to believe and keep on hoping and having faith int he Lord Jesus Christ. Just like Paul always says that the Lord Jesus is our hope and because of the Lord, we have hope in this life (1Peter 1:3-7). 1Peter 1:3-7 also said that the trials that we face are to test the our faith and to make it pure. Therefore, do not lose hope, but in faithfulness, keep on having faith and hope in the Lord Jesus Christ who works for the good of those who loves Him.

No comments:

Post a Comment