Tuesday, February 7, 2012

Jalan Keluar | A Way Out

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ester 7-8

Dari dua pasal ini kita dapat melihat jawaban dari Tuhan atas apa yang bangsa Israel telah doakan melalui doa dan puasa. Kita juga melihat apa yang terjadi kepada Haman karena kesombongannya dan kepada Mordekhai karena kerendahan hatinya. Oleh anugrah Tuhan, Ester mendapatkan perkenanan di mata raja Ahasyweros sehingga ia tidak kena hukuman mati saat ia menghadap raja walaupun tidak dipanggil. Terlebih lagi, raja Ahasyweros rela memberikan apapun yang Ester inginkan, bahkan sampai setengah dari kerajaan akan diberikan kepada Ester bila dikehendaki.

Melalui semuanya ini kita dapat melihat bahwa Tuhan memberikan jalan keluar bagi bangsa Israel, Ester dan Mordekhai. Tetapi diperlukan doa dan puasa, penyandaran dan penyerahan diri kepada Tuhan, percaya kepada Tuhan dengan mutlak bahwa Tuhan akan melepaskan bangsa Israel dari musibah yang akan datang dan diperlukan juga tindakan nyata yang menyertai iman dan doa-doa itu. Seperti apa yang Paulus katakan di 1Korintus 10:13, bahwa pencobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa yang tidak melampaui kekuatan manusia dan pada waktu kita dicobai, Tuhan akan memberikan jalan keluar kepada kita.

Pertanyaanya sekarang adalah, apakah yang kita lakukan di saat kita menghadapi masalah? Apakah kita menggerutu, komplain, putus asa dan bahkan menyalahi Tuhan? Mari kita tinggalkan gerutu dan komplain dan mari kita bersandar kepada Tuhan lebih lagi. Bila kita ada masalah, berdoalah, percayalah kepada Firman Tuhan dan kepada Tuhan yang akan memberikan jalan keluar dan bertindaklah sesuai dengan iman itu.


English:

Bible Reading: Esther 7-8

From these two chapters, we can see the answers from God upon what the Israelites have prayed for through fasting and praying. We can also see what happened to Haman because of his proudness and to Mordecai because of his humility. By the grace of God, Esther received favour from king Ahasuerus such that she did not get sentenced to death when she came to the king without being called. Moreover, king Ahasuerus was willing to give anything that Esther asks for and even up to half of his kingdom he will give.

Through all this we can see that the Lord gave a way out for the Israelites, Esther and Mordecai. But it needed prayer and fasting, reliance and surrender to the Lord, believing in the Lord fully that the Lord will deliver the Israelites from the coming trouble and it also needed an action that follows the faith and the prayers. Just like what Paul said in 1Corinthians 10:13, that the trials we experience do not go beyond the strength of men and when we are in trial, the Lord will give us a way out.

The question now is, what do we do when we are in trouble? Do we sulk, complaint, give up and even blaming God? Let us leave behind alll of that and let us rely on the Lord. If we have problems, pray, believe in the Word of God and in the Lord who will give us a way out and act according to that faith.

No comments:

Post a Comment