Sunday, February 5, 2012

Berpuasa | Fasting

Indo:

Pembacaan Alkitab: Ester 3-4

Ketika bangsa Israel berada di dalam kesusahan besar, yakni bahwa mereka semua akan dibinasakan oleh karena titah yang keluar dari Haman dengan memakai nama raja, bangsa Israel berpuasa dan meratap. Dan ketika Esterdiminta untuk menghadap raja, Ester tahu bahwa jika tidak dipanggil oleh raja, maka kemungkinan besar, hukuman mati akan jatuh kepada Ester. Dan di saat susah dan di saat Ester memerlukan kuasa Tuhan untuk bekerja melakukan yang tidak mungkin, ia berpuasa tiga hari dan tiga malam dan ia pun meminta seluruh bangsa Israel juga berpuasa bersama-sama dengan dia. Berpuasa ini bukan hanya dilakukan oleh Ester, tetapi banyak kali ketika Israel membutuhkan kuasa tangan Tuhan bekerja, mereka berpuasa dan berdoa.

Dari sini kita dapat lihat bahwa puasa itu sangatlah penting untuk kita lakukan. Sebab dengan kita berpuasa, kita menekan kedagingan kita dan kita mendekat kepada Tuhan. Dengan kita tidak makan, kita memakai waktu itu untuk mencari Tuhan, berdoa kepada-Nya. Dan makin banyak waktu yang kita ganti, yakni untuk kebutuhan kita digantikan dengan waktu untuk mencari dan berdoa kepada Tuhan, maka kita juga akan semakin dekat dengan Tuhan. Terlebih lagi bila kita ingin melihat kuasa Tuhan yang besar terjadi di kehidupan, keluarga, gereja, kota dan negara kita, maka kita perlu untuk berpuasa dan berdoa dan dilakukan secara bersama-sama. Oleh karena itu marilah kita belajar untuk berpuasa dan berdoa, agar kuasa Tuhan makin dinyatakan di bumi ini.


English:

Bible Reading: Esther 3-4

When the Israelites were in a pinch, that is that they all will be killed because of the law that was passed down by Haman in the name of the king, the Israelites fasted and wept. And when Esther was asked to meet the king, Esther knows that if she was not called to meet the king, then most probably Esther will be sentenced to death. And in this times of trouble and when Esther needs the power of the Lord to work to do the impossible, she fasted three days and three nights and she also asked the Israelites to also fasted with her together. Fasting was not only done by Esther, but many times when they need the power of the Lord to work in their midst, they fasted and prayed.

From here we can see how fasting is important for us to do. Because with fasting, we are suppressing our fleshly desires and we are drawing near to God. By not eating, we are using that time to seek the Lord and pray to Him. And the more time we exchange, that is our needs exchanged with the time to seek the Lord and pray, then we will become closer to the Lord. Moreover, if we want to see the power of God be done in our lives, families, church, cities and nations, then we need to fast and pray and be done together. Therefore let us learn to fast and pray so that the power of the Lord be revealed on this earth.

No comments:

Post a Comment