Sunday, March 18, 2012

Merendahkan Hati Kita | Humbling Ourselves

Indo

Pembacaan Alkitab: Ayub 39-40

Tuhan menjawab Ayub dengan berbagai macam hikmat dan hal-hal yang menunjukkan kebesaran dan kedaulatan Tuhan yang manusia tidak dapat lakukan. Sangatlah jelas dari jawaban Tuhan kepada Ayub bahwa memang Tuhan itu tidak dapat kita mengerti dengan pikiran kita sendiri, sebab apa yang Ia lakukan jauh lebih besar dari apa yang dapat kita pikirkan. Dan mengetahui hal ini, Ayub merendahkan hatinya di hadapan Tuhan dan sadar bahwa memang dibandingkan dengan Tuhan, dirinya sangatlah hina dan tidak ada apa-apanya dan ia tidak memiliki hak apapun, karena semuanya itu karena Tuhan dan hidup adalah anugrah dan pemberian dari Tuhan.

Sikap hati yang sama dapat ktia adopsi ke dalam kehidupan kita. Yakni untuk kita memilik kerendahan hati, sadar bahwa Tuhan itu besar jauh melebihi apa yang dapat kita pikirkan dan bahwa apa yang kita miliki, itu bukan hak kita, melainkan pemberian dari Tuhan. Dengan begitu, kita akan lebih kuat imannya dalam menghadapi tantangan-tantangan yang seperti Ayub alami atau yang serupa. Sebab kita tidak lagi merasa bahwa kita yang memiliki hak atas apa yang kita miliki, tetapi Tuhanlah yang empunya segalanya, yang menciptakan segalanya, yang memberikan segalanya dan yang sanggup mengambil apapun yang Ia kehendaki. Biarlah kita hidup dengan rendah hati di hadapan Tuhan dan belajar dari kehidupan Ayub.


English

Bible Reading: Job 39-40

The Lord answered Job with a few wisdom and things that shows the greatness and might of the Lord that men cannot do. It is clear from the answer of the Lord towards Job that the Lord cannot be understood by our own mind, because what He did is far greater than what we can think of. And knowing this, Job humbled himself before the Lord and realise that when compared tot he Lord, he is vile and is nothing and he has no rights or what so ever because everything comes from the Lord and life is grace and a gift from the Lord.

We can adopt the same heart attitude into our lives. That is for us to have humility, realise that the Lord is far greater than what we can think of and that what we have is not our rights, but all of it are gifts from the Lord. That way, we will be stronger in faith when we face challenges like Job or similar to Job. Because we no longer feel that we have the right over what we own, but it is the Lord who has all things and create all things, who give all things and able to take anything that He desire. Let us live in humility before the Lord and learn from the life of Job.

No comments:

Post a Comment