Sunday, March 11, 2012

Carilah Tuhan & Bukan Manusia | Seek The Lord & Not Men

Indo

Pembacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 14

Paulus dan Barnabas pergi untuk memberitakan Injil keselamatan kepada bangsa-bangsa. Ketika mereka sampai di Listra, Paulus menyembuhkan satu orang lumpuh dan akhirnya seluruh rakyat yang di lkota itu mengira bahwa Paulus dan Barnabas adalah dewa-dewa yang turun ke bumi dan mereka ingin mempersembahkan korban bakaran kepada Paulus dan Barnabas. Tetapi Paulus dan Barnabas langsung mengoyakkan baju mereka dan dengan sebisa mereka menjelaskan bahwa mereka hanyalah manusia biasa, tetapi Tuhan Yesus lah Allah yang hidup.

Perbuatan yang dilakukan oleh rakyat di Listra itu banyak dilakukan oleh kita sebagai orang percaya secara tidak sadar. Ketika kita melihat atau mendengar bahwa ada seorang pastur atau hamba Tuhan yang hebat danlam mujizat, atau berkat atau nubuatan, banyak dari kita yang ingin pergi mencari mereka agar kita mendapatkan suatu petunjuk atau jawaban atau mujizat di hidup kita. Bila kita memang pergi kepada hamba-hamba Tuhan ini karena kita ingin belajar , mengalami dan ingin mengenal Tuhan lebih lagi, maka hal itu tidak menjadi masalah. Tetapi bila kita mulai mengejar para hamba Tuhan karena apa yang mereka dapat lakukan dengan kuasa Tuhan dan karena kita hanya ingin mendapatkan mujizat itu, sehingga kita pergi ke manapun hamba Tuhan itu pergi, maka kita tidak lagi menyembah Tuhan, tetapi kita menyembah manusia. Dan bila demikian, maka perbuatan kita sama seperti perbuatan rakyat di Listra.

Tetapi kita yang juga melayani Tuhan, janganlah sampai kita menyombongkan diri karena apa yang Tuhan kerjakan melalui kita. Ingatlah bahwa semua itu hanya karena kuasa Roh Kudus dan bukan karena kekuatan kita. Jadi, janganlah kita menjadi tinggi hati sehingga kita merasa kita adalah tuhan yang patut disembah dan disanjung oleh orang-orang. Paulus dan Barnabas bisa saja menerima persembahan itu, tetapi mereka tahu bahwa itu adalah dosa karena jika mereka menerima persembahan itu, maka mereka menganggap diri mereka sebagai tuhan dan ada kesombongan yang muncul di diri mereka.

Jadi, marilah kita pastikan setiap hari bahwa yang kita kejar, yang kita inginkan hanya Tuhan Yesus Kristus dan bukan hamba Tuhan yang juga sama seperti kita, seorang manusia. Marilah juga kita jangan meyombongkan diri, tetapi berikanlah segala kemuliaan, pujian kembali kepada Tuhan. Janganlah kita mendewakan manusia, tetapi biarlah kita hanya menyembah kepada Tuhan Yesus Kristus. Carilah Tuhan dan bukan manusia!


English

Bible reading: Acts 14

Paul and Barnabas went to preach the Gospel of salvation to nations. When they arrived at Lystra, Paul healed one lame man and the people of Lystra thought that Paul and Barnabas were gods who descends from heaven that they wanted to offer sacrifices to Paul and Barnabas. But Paul and Barnabas immediately tore their clothes and as much as they can they explained that they are only human but the Lord Jesus is the living God.

What the people of Lystra did are being done by many of us as believers without us realising it. When we see or hear that there is a pastor or a servant of God who is great in miracles, blessings, or prophecies, many of us want to go to seek them so that we may find a guidance, answer or miracles in our lives. If we are to find these servants of God because we want to learn, experience and know the Lord more, then it is not wrong. But when we start to chase after these servants of God because what they can do with the power of God and because we only want to receive miracles such that we go where ever the servant of God go, then we are no longer worshiping the Lord, but we are worshiping men. And if so, then our action is the same as what the people at Lystra did.

But for us who serves the Lord, do not boast of ourselves because of what the Lord had done through us. Remember that everything is only by the power of the Holy Spirit and not of our own strength. So, do not become boastful such that we feel that we are god who needs to be worshiped and adored by people. Paul and Barnabas can receive the offerings if they want to, but they know that it would be sinning because if they received it, then they think of themselves as gods and there is boastfulness in them.

So, let us ensure that what we chase every day is the Lord Jesus Christ and not servants of God who are also men like us. Let us also do not be boastful, but give all the glory and praise back to God. Do not idolised men, but let us worship only the Lord Jesus Christ. Seek the Lord and not men!






No comments:

Post a Comment