Saturday, March 10, 2012

Ukuran Hikmat Bukan Umur | The Measure of Wisdom is Not Age

Indo

Pembacaan Alkitab: Ayub 32-33

Elihu yang adalah paling uda dari antara teman-teman Ayub, menahan-nahan apa yang ada di hatinya yang ia ingin katakan karena ia menganggap ia masih muda dan leibh baik agar yang lebih berumur, lebih memiliki hikmat berbicara. Tetapi ia menemukan bahwa mereka yang lebih berumur itu tidak berarti lebih berhikmat. Karena memang hikmat datang dari Tuhan dan bukan karena pengalaman. Lebih lagi, Elihu merasakan bahwa ia penuh dengan kata-kata yang perlu dikeluarkan dan akhirnya ia mengeluarkannya.

Seringkali kita mungkin merasa bahwa karena kita lebih muda, maka kita lebih tidak layak atau kurang berhikmat di bandingkan dengan yang lebih berumur. Sehingga kita tidak berani atau memilih untuk tidak berbicara akan kebenaran. Tetapi melalui pengalaman Elihu, kita tahu bahwa umur bukanlah ukuran yang tepat untuk hikmat. Tetapi Tuhanlah yang memberikan hikmat, dan bila Roh Kudus mendorong dan menaruh kata-kata di dalam hati kita untuk dibagikan, maka kita perlu untuk taat dan bagikan apa yang Tuhan taruh di hati kita. Tetapi biarlah kita tetap memiliki hormat kepada mereka yang lebih berumur di banding kita dan kepada oemimpin kita ketika kita menyampaikan apa yang Tuhan taruh di hati kita. Seperti apa yang Paulus katakan kepada Timotius: "Janganlah seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalah kasihmu dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu." (1Timotius 4:12).

Oleh karena itu, marilah kita hidup sebagai teladan, dan janganlah kita ukur hikmat dari umur, tetapi bila Tuhan menaruh hikmat dan kata-kata di hati kita untuk dibagikan, bagikanlah itu kepada orang-orang percaya.


English

Bible Reading: Job 32-33


Elihu, who is the youngest of all the friends whom Job had, was keeping his mouth shut and holding back what he wants to say because he thought that he is still young and it is better to let those who comes with more age and who would have more wisdom, speaks. But he found that they who are with more age does not mean that they are also has more wisdom. Because wisdom comes from the Lord and not because of experience. Moreover, Elihu felt that he is full of words that needs to be said and he finally said it.

Many times we might feel that because we are younger, then we are less worthy or have less wisdom compared to those who are more of age. Such that we do not dare or chose not to speak of the truth. But through the experience of Elihu, we know that age is not the measure of wisdom. But the Lord is the one who gives wisdom and if the Holy Spirit encourages and puts words in our hearts to be shared, then we need to obey and share what the Lord has put in our hearts. But let us still have respect towards them who are more of age and to our leaders when we pass on the words God put in our hearts. Just as Paul said to Timothy: "Let no one despise your youth, but be an example to the believers in word, in conduct, in love, in spirit, in faith, in purity" (1TImothy 4:12).

Therefore let us be an example and do not measure wisdom by age, but if the Lord puts wisdom and words in our hearts to be shared, share it to the believers.

No comments:

Post a Comment