Tuesday, March 6, 2012

Hikmat Allah vs Hikmat Manusia | Wisdom Of God vs Wisdom Of Man

Indo

Pembacaan Alkitab: Ayub 28-29

Ayub menyimpulkan bahwa hikmat adalah takut akan Allah dan akal budi adalah menjauhi kejahatan. Untuk lebih mengerti akan hal ini, kita perlu tahu apa itu hikmat dan apa itu akal budi. Akal budi adalah hal-hal yang ada dipikiran kita, yang akhirnya menjadi dasar dari perbuatan dan perkataan kita. Dan sudah sewajarnya bila yang ada di pikiran kita adalah menjauhi kejahatan, maka kehidupan kita akan mencerminkan pengertian itu yang ada di pikiran kita. Sedangkan hikmat adalah sesuatu yang datang dari pengalaman, pengertian, pengetahuan dan pengajaran hidup. Hikmat manusia yang dari dunia berdasarkan akan apa yang manusia lakukan, lewati, alami dan ketahui. Sedangkan hikmat Tuhan berdasarkan akan takut akan Allah, yakni pengetahuan dari Allah, pengertian dari Allah, pengajaran dari Allah yang berdasarkan Firman Tuhan dan pengalaman berjalan bersama dengan Allah. Dan bila kita membaca Alkitab, kita tahu bahwa pengajaran, pengertian, pengetahuan dari Allah dan perjalanan bersama Tuhan Yesus Kristus itu sangatlah berbeda dengan cara dan jalan dunia pada umumnya. Terutama bahwa di dunia fokus kehidupan kita adalah diri kita sendiri dan keuntungan bagi diri kita, sedangkan fokus di dalam Tuhan adalah Tuhan Yesus Kristus dan untuk melayani orang-orang dan bukan untuk kepentingan diri sendiri maupun keuntungan diri sendiri.

Oleh karena itu, marilah kita kejar hikmat Tuhan dan bukan hikmat manusia. Marilah kita hidup dalam takut akan Allah, menjalin hubungan dengan Tuhan dan berjalan dengan-Nya untuk menambah pengetahuan, pengalaman, pengertian dan pengajaran yang dari Allah dan yang berdasarkan Firman Tuhan.


English

Bible Reading: Job 28-29

Job concluded that wisdom is fear of God and that understanding is ti shun evil. To understand more of these, we need to know what is wisdom and what is understanding. Understanding is what is in our minds, which then, will become the basis of our actions and words. And it should be that what is in our minds is to shun evil, that way our lives will reflect this as our basic understanding. While wisdom is something that comes from experience, understanding, knowledge and teachings of life. The wisdom of men which comes from the world is based upon what men does, went through, experience and know. While the wisdom of God is based upon the fear of the Lord, that is, knowledge that comes from the Lord, understanding that comes from the Lord, teachiings that comes from the Lord which is based upon the Word of God and experience and walking with God. And if we read teh Bible we know that the teachings, understanding and knowledge from the Lord and walk with the Lord Jesus Christ is totally different from the ways of the world. Especially, that the world is focused on our lives and ourselves and our own interest or benefits, while the focus in the Lord's wisdom is the Lord Jesus Christ and to serve others and not for our own benefits or interests.

Therefore, let us chase after the wisdom of God and not of men. Let us live with the fear of the Lord, building up relationship with the Lord and walk with Him to add knowledge, experience, understanding and teachings that comes from the Lord and based upon the Word of God.

No comments:

Post a Comment